Pembenahan Kota Lama jadikan Medan primadona wisata

id Tekad benahi kota lama,Medan primadona wisatawan,Akademisi FISIPOL USU,Dosen Antropologi USU, Fikarwin Zuska

Pembenahan Kota Lama jadikan Medan primadona wisata

Dosen Antropologi FISIP USU Dr Fikarwin Zuska, M.Ant. (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Akademisi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (USU), Dr Fikarwin Zuska menyebut tekad Wali Kota Bobby Nasution membenahi Kota Lama Kesawan bakal menjadikan Medan primadona bagi wisatawan. 

"Saya sangat sependapat dengan langkah wali kota yang bertekad membenahi Kota Lama Kesawan. Bisa jadi, Kota Medan bakal menjadi primadona bagi wisatawan baik dalam maupun luar negeri," terangnya di Medan, Rabu. 

Kesungguhan membenahi Kota Lama di pusat Kota Medan tersebut, lanjut dia, bisa dilihat dengan memasukkan kawasan Kesawan menjadi salah satu dari total lima program prioritas Pemkot Medan.

Dosen Antropologi USU ini juga menerangkan, wali kota sedang berusaha mengembalikan nilai-nilai sejarah di kawasan Kesawan, termasuk kawasan pecinan di Kota Medan tempo dulu. 

"Bila Kota Lama Kesawan ini dijadikan objek wisata, saya yakin perputaran ekonomi akan sangat cepat. Karena wisatawan datang menikmati bangunan bersejarah, dan tentu sambil berbelanja. Ini harus dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM," kata dia.

Fikarwin juga sangat setuju dengan dibukanya kembali Kesawan City Walk, karena sangat membantu para pelaku UMKM lokal mampu bertahan di tengah pandemi COVID-19 dengan penataan lebih baik lagi. 

"Diperhatikan keamanan, diatur jarak agar tidak terjadi kerumunan, kebersihannya tetap dijaga, dan usahakan kuliner yang dijual jangan mahal. Kalau sudah nyaman, aman, bersih dan murah, saya yakin orang akan ramai datang," katanya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar