Orang terkaya India buat aplikasi saingi Zoom

id jiomeet,orang terkaya india,mukesh ambani,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Orang terkaya India  buat aplikasi saingi Zoom

Aplikasi konferensi video JioMeet punya Jio Platforms yang dimiliki oleh orang terkaya India, Mukesh Ambani. Aplikasi ini diluncurkan pada Kamis (2/7/2020). (ANTARA/Google Play)

Jakarta (ANTARA) - Reliance Jio Platforms, yang dimiliki oleh orang terkaya India Mukesh Ambani, resmi meluncurkan aplikasi konferensi video bernama JioMeet, yang sangat mirip dan bakal menjadi saingan Zoom setidaknya di negara dengan penduduk terbesar kedua dunia itu.

Seperti Zoom dan Google Meet, JioMeet menawarkan panggilan video gratis tanpa batas dalam definisi tinggi (750p) yang mendukung untuk 100 peserta, mengutip laporan Yahoo Finance, Jumat.

Yang menarik dan tak ditemui di Zoom adalah, JioMeet tidak membatasi durasi panggilan gratis ini. Jio Platforms mengatakan panggilan video dapat dilakukan hingga 24 jam dengan JioMeet.

Layanan ini tidak menawarkan paket berbayar, meskipun belum jelas apakah Jio Platforms yang dikenal memiliki reputasi pemberi layanan gratis selama bertahun-tahun akan mengubahnya sebagai layanan berbayar.

Jio Platforms, yang memulai pengujian beta JioMeet pada Mei lalu, mengatakan bahwa layanan konferensi videonya menawarkan kontrol host "kelas perusahaan", termasuk perlindungan kata sandi pada setiap panggilan, dukungan masuk ke multi perangkat (hingga lima perangkat), memiliki kemampuan berbagi layar dan kolaborasi.



Kemampuan lainnya meliputi bisa berpindah dari perangkat satu ke perangkat lainnya, dan ada fitur "Mode Mengemudi Aman" bagi pengguna yang sedang dalam perjalanan. Host JioMeet juga dapat mengaktifkan ruang tunggu--seperti di Zoom--, untuk memastikan peserta harus meminta izin host untuk masuk ke konferensi.

Jio Platforms tidak merinci apakah orang di luar India dapat menggunakan layanan ini yang diklaim memiliki keamanan berupa enkripsi dari ujung ke ujung.

JioMeet tersedia untuk digunakan melalui browser Chrome dan Firefox di desktop, serta memiliki aplikasi mandiri untuk macOS, Windows, iOS, dan Android. Ini juga memiliki plugin Outlook.

Di Google Play Store, JioMeet sudah tersedia dan bisa diunduh.

Jio Platforms, yang merupakan operator telekomunikasi top India dengan sekitar 400 juta pelanggan, mengoperasikan sejumlah layanan digital termasuk JioMusic, layanan streaming musik; JioCinema, yang menawarkan ribuan acara TV dan film; dan JioTV, yang memungkinkan pengguna menonton lebih dari 500 saluran TV.

Semua layanan ini tersedia tanpa biaya tambahan untuk pelanggan Jio Platforms. Harganya kurang dari 2 dolar sebulan untuk menjadi pelanggan Jio.

Pemilik Jio Platforms, Mukesh Ambani, kekayaannya naik belum lama lalu menjadi 64,5 miliar dolar atau sekira Rp936,4 triliun, menjadikannya sebagai orang terkaya kesembilan di dunia dan satu-satunya orang Asia yang masuk 10 orang terkaya sejagad.

Menurut Bloomberg, Ambani telah menggeser Larry Ellison dari Oracle Group dan Francoise Bettencourt Meyers dari Prancis untuk mencapai posisi kesembilan dalam daftar orang terkaya di dunia.