Ada diskon tiket pesawat ke 10 destinasi mulai 1 Maret

id menteri perhubungan,Diskon pesawat,Tiket pesawat,Pariwisata,Corona,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini,

Ada diskon tiket pesawat ke 10 destinasi mulai 1 Maret

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (empat kanan) pada konferensi pers pemberian insentif tiket penerbangan di APspace Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (29/2/2020). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Tangerang, Banten (ANTARA) - Pemerintah memberikan potongan harga tiket pesawat terbang menuju 10 destinasi dalam negeri mulai besok Minggu (1/3/2020) sampai 31 Mei 2020.

Diskon diberikan untuk penerbangan ke 10 destinasi wisata yakni Batam, Denpasar, Yogyakarta, Lombok, Labuan Bajo, Malang, Manado, Silangit, Tanjung Pandan, dan Tanjung Pinang.

"Pemerintah menyediakan dana cash lebih dari Rp500 miliar yang akan diberikan diskon kurang lebih 30 persen dari Jakarta ke sepuluh destinasi. Dana itu kemungkinan bertambah apabila penumpang bertambah," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu.

Menhub memperkirakan jumlah penumpang yang mendapat diskon tiket pesawat dalam kurun waktu tiga bulan itu berkisar 430.000 kursi.

Potongan harga tiket akan diberikan untuk 25 persen dari setiap penerbangan. Artinya, jika satu pesawat memiliki kapasitas penumpang sebanyak 100 kursi, berarti ada 25 kursi yang diberikan diskon.

Adapun pemberian diskon tiket pesawat ini untuk meningkatkan aktivitas pariwisata dan kunjungan wisatawan ke 10 destinasi tersebut.

Presiden Joko Widodo telah melakukan rapat terbatas dua kali guna mencari solusi terhadap aktivitas pariwisata dalam negeri yang sedang menurun, terutama akibat wabah virus corona.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto menambahkan dampak virus corona yang menyebabkan sejumlah negara memberikan larangan bepergian, membuat jumlah penumpang pesawat menurun signifikan.

"Kita tahu bahwa beberapa slot banyak yang kosong, contohnya di Bali yang awalnya rata-rata ada 470-480 pergerakan (pesawat) per hari. Saat ini tinggal 400 pergerakan," katanya.

Selain pemberian diskon tiket pesawat penumpang, pemerintah juga memberikan insentif kepada perusahaan penyedia hotel di sepuluh destinasi tersebut dengan membebaskan pajak pertambahan nilai (PPN).

"Melalui Kementerian Keuangan akan memberikan subsidi ke hotel atau penundaan PPN. Kemudian, wisatawan mancanegara diberikan tambahan insentif untuk travel agent.  Itu dari Kementerian Pariwisata," kata Novie.