Jamaah haji tak perlu khawatir saat dirujuk ke RS Arab Saudi

id Haji 2019,mch 2019,kkhi,tim visitasi

Jamaah haji tak perlu khawatir saat dirujuk ke RS Arab Saudi

Tim Dokter Jaga KKHI Mekkah Novita Silvana mengatakan jemaah tak perlu khawatir saat dirujuk ke RS Arab Saudi (Hanni Sofia)

Mekkah (ANTARA) - Jamaah calon haji diimbau tak perlu merasa khawatir atau takut saat sakit dan kemudian harus dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) karena Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) telah menerjunkan tim visitasi.

"Jamaah tidak perlu khawatir, tak perlu takut karena ada tim visitasi yang akan setiap hari berkunjung," kata Tim Dokter Jaga KKHI Daerah Kerja Mekkah Novita Silvana di KKHI Mekkah, Sabtu waktu setempat.

Ia mengatakan, tim visitasi merupakan tim yang dibentuk khusus oleh KKHI dan bertugas untuk mengunjungi pasien-pasien (jamaah calon haji Indonesia) yang sakit dan dirujuk ke RSAS.

Tim Visitasi terdiri dari tiga orang meliputi dokter, perawat, dan tenaga penghubung.

"Tim ini akan berkunjung setiap hari kepada pasien untuk memberikan support mental, memberikan nutrisi, kami biasanya membawakan bubur untuk pasien," katanya.

Selain itu, tim juga bertugas untuk memastikan kondisi kesehatan jamaah dapat segera pulih sehingga bisa segera kembali ke pondokan dan melanjutkan ibadah.

"Pasien biasanya sudah takut duluan, karena ada kendala bahasa, menu makanan yang kurang cocok," katanya.

Itu belum termasuk aturan dari RSAS yang kerap kali tidak membolehkan pasien untuk dikunjungi bahkan oleh kerabatnya.

Dengan adanya tim visitasi, pihaknya berharap para jamaah calon haji tak lagi merasa panik dan khawatir sehingga bisa segera kembali pulih kesehatannya.