Lomba mancing festival BMW Biak, Papua sediakan hadiah perahu

id lomba mancing, mancing mania,festival bmw,lomba mancing di biak numfor,mancing di biak

Lomba mancing festival BMW Biak, Papua sediakan hadiah perahu

Logo - Lomba mancing menyemarakan festival Biak Munara Wampasi 1-6 Juli Kabupaten Biak Numfor (Dok. Panitia festival BMW)

Biak (ANTARA) - Panitia lomba mancing dalam rangka memeriahkan pesta budaya masyarakat adat Festival Biak Munara Wampasi VII (BMW) Kabupaten Biak Numfor, Papua yang berlangsung 1-6 Juli 2019 menyediakan hadiah longboat perahu fiber untuk juara kategori tradisional.

Festival BMW dalam upaya menjadikan destinasi wisata bahari alam kelautan pulau Biak.

"Panitia lomba mancing festival BMW melombakan kategori mancing tradisional dan modern yang akan berlangsung Rabu 3 Juli 2019 star dari pelabuhan tip top,"ungkap Ketua panitia lomba mancing festival BMW Effendi Igirisa di Biak, Minggu.

Ia menyebut, untuk kreteria lomba mancing kategori tradisional yakni peserta menggunakan handline dasaran/ tanpa perangkat modern, tidak boleh menggunakan fishfinder, alat GPS dan menggunakan perahu standar nelayan.

Effendi mengatakan, untuk etentuan lain penilaian kategori ikan terberat 1 ekor maksimal serta waktu pelaksanaan jam 08.00 WIT hingga jam 16.00 WIT, lebih dari waktu ditentukan akan didiskualifikasi.

Untuk satu tim terdiri dari maksimal 2-3 orang (termasuk motoris), menurut Effendi, serta untuk lokasi mancing dibatasi di seputar Biak dari pelabuhan eks Biak Mina Jaya sampai dengan dermaga Mokmer distrik Biak Kota.

"Pada saat strike, harus divideokan dengan memasukkan dalam video nomor peserta,"harap Effendi yang juga Kadis Perikanan Biak.

Untuk kategori lomba kategori Modern, menurut Effendi, peserta enggunakan perangkat Modern jigging, bukan poping atau trolling, bisa menggunakan alat bantu Fishfinder.

"Peserta tidak diperbolehkan membawa umpan mentah diatas boat serta kategori ikan terberat satu ekor maksimal,"kata Effendi yang juga Kadis Perikanan Biak.

Waktu pelaksanaan lomba modern dimulai jam 09.00 hingga jam 16.00 WIT, lebih dari waktu ditentukan maka peserta akan didiskualifikasi.

Untuk satu tim peserta lomba kategori modern, lanjutnya, terdiri dari minimal tiga dan maksimal empat orang (termasuk motoris) .

"Sedangkan daerah memancing tidak dibatasi. Pada saat strike, peserta harus memvideokan dengan memasukkan dalam video nomor peserta,"katanya.

Effendi menyebut, kategori ikan yang tidak masuk perlombaan antara lain ikan Napoleon, ikan Hiu,ikan Paus, ikan Pari,ikan Lumba-lumba, ikan berbisa serta belut.

Hadiah untuk pemenang kategori tradisional akan mendapat hadiah dari panitia untuk juara satu longboat fiber, juara dua GPS handheld ditambah uang tunai Rp3 juta dan juara tiga GPS handheld

Sementara hadiah untuk kategori modern, lanjutnya, juara satu akan mendapat hadiah berupa uang sebesar Rp8 juta, juara dua Rp4 juta dan juara tiga sebesar Rp3 juta.

Effendi menambahkan, panitia lomba mancing festival BMW juga menyediakan kategori juara favorit yang dinilai berdasarkan jumlah seluruh ikan yang diperoleh.

"Keseluruhan ikan oleh 1 tim ditimbang bersama setelah ikan terbesar dikeluarkan dan tidak masuk dalam timbangan, melainkan disertakan untuk penilaian kategori. Semua ikan yg disertakan dalam kategori ini wajib direkam, ya hadiah juara Favorit berupa uang tunai Rp2 juta,"katanya.

Data diperoleh Antara dari panitia festival BMW lomba mancing sebagai salah satu upaya mempromosikan potensi wisata pantai di kawasan wisata bahari dan hasil ikan laut melimpah.