Karnaval Budaya Promosikan Pariwisata dan Kearifan Lokal

id karnaval,Budaya

Karnaval Budaya Promosikan Pariwisata dan Kearifan Lokal

Peserta parade karnaval budaya dalam festival pesona lokal yang dilaksanakan di Benteng Kuto Besak Palembang (ANTARA News Sumsel/Susilawati)

    Palembang, (ANTARA News Sumsel) - Festival pesona lokal yang dilaksanakan di Kota Palembang dengan acara parade karnaval budaya untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal suatu daerah.

 Wakil Direktur Operasional Adira Finance Suang Siang Susanto di Palembang, Minggu mengatakan, festival pesona lokal ini untuk membantu bangsa dan negara memperkenalkan daerah-daerah di Indonesia yang bisa dikembangkan untuk pariwisata dan kearifan lokalnya.

 "Dengan begitu diharapkan ke depannya bisa lebih maju lagi ekonominya di daerah-daerah yang kami datangi," katanya.

Ia menyatakan, sangat banyak masyarakat yang terlibat dalam kegiatan festival pesona lokal diadakan di Kota Palembang hari ini.

"Palembang adalah kota ke delapan diselenggarakannya festival pesona lokal dan tidak kalah meriah dan seru dengan kota-kota sebelumnya," ujarnya.

Acara festival pesona lokal Palembang yang dimulai dengan parade karnaval budaya yang diikuti sekitar 2.500 peserta dengan menampilkan keberagaman baju adat dan musik tradisional serta seni pertunjukan khas budaya Sumatera Selatan.

Selain karnaval budaya juga ada lomba mural, lomba kreasi masakan khas daerah dan juga terdapat lomba UMKM dimana akan dipilih tiga UMKM terbaik yang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai.

Selain berbagai perlombaan yang diadakan di setiap kota diselenggarakan festival pesona lokal akan diberikan penghargaan khusus yaitu kota paling mempesona.

Sementara itu, Head of Sales Service and Distribution Area Sumatera Bagian Selatan, Krisdianto mengaku harus optimistis Kota Palembang bisa juara, karena dilombakan secara nasional akan dipilih area terbaik dan penyelenggarannya.

"Kita harus optimistis, mudah-mudahan, kalau Palembang jadi juara nasional tentunya akan mengangkat Kota Palembang," katanya.