Ikan tapah raksasa terdampar di Sungai Ogan

id ikan tapah,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Ikan tapah raksasa terdampar di Sungai Ogan

Arsip- Nelayan menimbang ikan tapah "Wallago Leerie". (ANTARA)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Seekor ikan jenis Tapah Kuning raksasa berukuran sekitar 50-60 kilogram ditemukan warga Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan terdampar di Sungai Ogan Lubuk Rambai, Kecamatan Baturaja Timur.

"Kondisi ikan tapah ini ditemukan warga memang sudah mati," kata salah seorang warga Lubuk Rambai, Kecamatan Baturaja Timur, Yani di Baturaja, Senin.

Menurut dia, ditemukanya ikan tapah yang ukuran besar tidak biasanya ini menjadi perhatian warga setempat yang turun untuk melihat langsung dan mengabadikan gambar ikan tersebut dengan kamera telepon genggam.

"Bahkan ada juga beberapa warga yang mengambil dagingnya karena masih terlihat segar saat ditemukan pagi ini jam 06:30 Wib," katanya.

Ikan tersebut kata dia, ditemukan terdampar di pinggir Sungai Ogan kawasan Lubuk Rambai dengan kondisi sudah mati diduga hanyut dari arah ulu sungai.

"Tadi banyak warga berbagi dagingnya. Ada juga yang melihat saja," ungkapnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan OKU, Tri Aprianingsih secara terpisah menjelaskan, jika ikan tapah yang biasanya hidup di habitat liar tersebut jarang ditemukan di kawasan Baturaja.

Harapan kami jika ada ditemukan ikan jenis dan sebesar ini, masih hidup jangan dibunuh melainkan diharapkan untuk dilepaskan kembali,? katanya.

Disinggung mengenai potensi ikan berukuran besar di aliran Sungai Ogan kata Tri cukup banyak.

"Misalnya di daerah Kecamatan Peninjauan. Jenisnya macam-macam, seperti Ikan Belido, Pari, Patin dan Baung," ujarnya.