Tidak ada bus kota selama Asian Games

id Bis kota,Asian games

Tidak ada bus kota selama Asian Games

Bis kota (Antarasumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dinas Perhubungan Kota Palembang mensosialisasikan kepada pengusaha dan pemilik bus untuk tidak mengoperasionalkan bus kotanya selama Asian Games. 

"Kami sudah memberikan surat edaran tentang larangan ini yang berlaku hari ini Jumat (10/8) hingga 5 September mendatang," ujar Kepala Dinas Perhubungan Palembang, Kurniawan, Jumat. 

Dia mengatakan pihaknya menindak lanjuti arahan Gubernur Sumsel untuk menyiapkan sarana dan prasarana persiapan selama Asian Games berlangsung karena sebagai tuan rumah wajib memberikan transportasi bertaraf internasional. 

Lanjutnya, pihaknya  mencatat tersisa lebih dari 20 bus kota yang masih beroperasional di kota Palembang lantaran bus tersebut masih memiliki izin trayek.

"Tapi selama Asian Games berlangsung distop sementara dulu," katanya.

Dia menerangkan bus yang tersisa ini masih memiliki izin trayek hingga november mendatang.

Dia mengaku, pihaknya sudah menawarkan kepada pengusaha bis kota untuk menyiapkan bus kota dengan fasilitas yang sama dengan bus rapid transit transmusi yang berpenyejuk udara. 

Namun, hingga saat ini belum ada pengajuan untuk penyediaan bus baru tersebut. Bus juga tidak boleh yang telah direkondisi maupun direnovasi.

“Seluruh bus di Palembang memang sudah selayaknya diremajakan. Karena memang dalam aturan, 10 tahun beroperasi harus dilakukan peremajaan,” tukasnya.