Pengunjung Alquran akbar di Palembang meningkat

id Alquran Al Akbar,Pondok Pesantren Modern Gandus,Sofwatillah Mohzaib,wisata religi,berita sumsel,berita palembang

Pengunjung Alquran  akbar di Palembang meningkat

Dokumentasi- Pengunjung ramai melihat ukiran bait Alquran di kompleks Bait Alquran raksasa Al Akbar Palembang.(ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ag)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pengunjung Alquran Al Akbar koleksi Pondok Pesantren Modern Gandus di Palembang, Sumatera Selatan meningkat selama libur Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah meningkat.

"Pengunjung ke Ponpes untuk melihat Alquran raksasa mengalami peningkatan cukup tinggi. Kalau hari biasa sekitar 200 orang per hari, kini bisa mencapai 400 orang per hari," kata pengurus ponpes dan pendiri Alquran Al Akbar, Sofwatillah Mohzaib di Palembang, Jumat.

Menurut dia, dalam suasana Lebaran ini banyak masyarakat yang mudik memanfaatkan waktu liburannya untuk melakukan wisata religi seperti mengunjungi ponpes ini yang dikenal memiliki koleksi unik berupa Alquran dengan ukuran besar yang terbuat dari kayu yang diukir ayat-ayat di kitab suci umat Islam tersebut.

Pengunjung ke tempat ini tidak hanya dari Palembang, tetapi masyarakat dari berbagai daerah dalam wilayah Sumsel dan provinsi lainnya, katanya.

Dia menjelaskan, pada hari biasa pengunjung tempat ini hanya masyarakat lokal dan rombongan siswa dari berbagai sekolah serta komunitas tertentu, kini diramaikan pengunjung dari luar kota.

Berdasarkan data, setiap pekannya tercatat pengunjung ke ponpes ini mencapai 2000-3000 orang atau dalam setahunnya bisa mencapai 500 ribu hingga satu juta pengunjung.

Untuk berkunjung ke tempat ini, pihaknya membuat aturan yang harus ditaati pengunjung seperti wajib memakai hijab atau kerudung bagi kaum perempuan, sedangkan bagi laki-laki harus memakai celana panjang/pakaian yang sopan, serta membayar infak Rp5.000/orang untuk biaya perawatan, katanya.