Mendagri: Sumsel mengulang kejayaan Sriwijaya

id mendagri,tjahjo kumolo,rapat paripurna,drpd sumsel,alex noerdin

Mendagri: Sumsel mengulang kejayaan Sriwijaya

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo hadir dalam Rapat Paripurna Hari Jadi Provinsi ke 72 di DPRD Sumsel (23/5) (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

....Dulu saya ke Palembang menginap di hotel bintang tiga saja rasanya luar biasa, apalagi sekarang hotel bintang lima sudah berdiri, artinya Kota Palembang ataupun Sumatera Selatan pergerakannya signifikan, belum lagi rumah sakitnya yang lengkap, ap
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan mengulang kejayaan masa kerajaan Sriwijaya dalam 72 tahun berdirinya, kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Palembang, Rabu. 

"Dulu kerajaan sriwijaya terkenal dengan kejayaannya yang berkuasa tidak hanya di Indonesia, tapi juga di wilayah lain yang sekarang menjadi negara tetangga, dan kejayaan itu sudah diwujudkan provinsi sumsel dalam 72 tahun terakhir," Ujar Tjahjo Kumolo saat Rapat Paripurna Hari Jadi Provinsi ke 72 di DPRD Sumsel. 

Menurutnya capaian provinsi tersebut sudah sangat baik dan menjadikannya menonjol dari provinsi lain di Indonesia hampir dalam segala bidang apalagi 134 penghargaan nasional dan internasional telah didapatkan pemda dalam lima tahun terakhir. 

Ia mencontohkan panganan pempek yang menjadi nomer satu kuliner terbesar di Indonesia dengan menunjukkan angka 6 ton pengiriman ke luar Kota Palembang setiap hari, disusul bakpia dari Yogyakarta.

Kemandirian otonomi daerah sudah berhasil dilaksanakan provinsi sumsel di bawah kepemimpinan gubernur Alex Noerdin dan ia berharap gubernur selanjutnya punya komitmen serta imajinasi yang lebih hebat dalam membangun daerah. 

"Dulu saya ke Palembang menginap di hotel bintang tiga saja rasanya luar biasa, apalagi sekarang hotel bintang lima sudah berdiri, artinya Kota Palembang ataupun Sumatera Selatan pergerakannya signifikan, belum lagi rumah sakitnya yang lengkap, apalagi Jakabaring dengan fasilitas olahraganya," jelas Tjahjo Kumolo. 

Ia menambahkan semua capaian tersebut sejalan dengan nawacita presiden Joko Widodo dalam mengejar ketertinggalan pembangunan ekonomi yang kian hari semakin keras persaingannya. 

Namun ia juga mengingatkan agar pemerintah daerah tidak abai dengan tantangan membangun daerah seperti radikalisme-terorisme, narkoba, korupsi dan ketimpangan sosial.