Minum air kelapa muda kembalikan cairan tubuh

id air kelapa muda,minuman berbuka puasa,cairan tubuh,kalori,info sumsel

Minum air kelapa muda kembalikan cairan tubuh

Pedagang es kelapa muda di pinggir jalan (18/5) (ANTARA News Sumsel/Ina Parlina/Erwin Matondang/18)

Baik untuk dijadikan sabagai minuman dalam program diet, karena air kelapa muda rendah kalori dan lemak
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Air kelapa muda merupakan minuman favorit saat berbuka puasa, ternyata tidak hanya menghilangkan dahaga buah kelapa muda ini juga dapat mengembalikan cairan tubuh.

"Minuman yang diminati banyak kalangan ini dapat memulihkan cairan  yang  dibutuhkan oleh tubuh, agar tetap segar dan memiliki banyak vitamin," ujar Andarini AMG, Ahli Gizi Rumah Sakit Hermina Palembang. 

Kandungan lainnya vitamin C, asam nikotinat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Air kelapa muda juga membantu membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada saluran kemih. 

“Baik untuk dijadikan sabagai minuman dalam program diet, karena air kelapa muda rendah kalori dan lemak,” jelasnya.

Andarini juga mengatakan air kelapa juga aman dikomsumsi penderita diabetes dan jantung, karena mengandung kadar gula rendah dan dapat mengobati penyakit seperti demam, flu, insomnia, cacingan dan batuk.  

“Jadi, penderita diabetes dapat mengkomsumsi air kelapa muda tersebut,”tuturnya.

Dia menerangkan, kandungan gizi yang ada dalam air kelapa memang sangat bervariasi. 

Buah kelapa yang sudah tua mengandung kalori yang tinggi, sebesar 359 kalori per 100 gram, daging kelapa setengah tua mengandung kalori yang tinggi sebesar 180 kalori per 100gram, dan daging kelapa muda mengandung kalori sebesar 68 kalori per 100 gram.

Selain itu, ada kandungan mikro dan makro dalam air kelapa. Unsur makro yang terdapat dalam air kelapa adalah karbon dan nitrogen. Unsur karbonnya berupa karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol. 

Unsur nitrogennya berupa protein yang tersusun dari asam amino air kelapa lebih tinggi ketimbang asam amino dalam susu sapi. “Air kelapa dibutuhkan sebagai pengganti ion tubuh. Tak heran, setelah orang minum air kelapa muda,tubuhnya kembali segar,” pungkasnya