Festival kuliner Indonesia "Kampung jajan Campani" di Roma

id Yohana Yembise,Menteri PPPA,perkawinan anak-anak,kawin muda,Badan Pusat Statistik,Yembise,kawinan muda,berita sumsel,berita palembang,hari kartini,ku

Kuliner. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

London (ANARA News Sumsel) - Festival Kuliner Indonesia dengan nama "Kampung Jajan Campania" diadakan KBRI Roma dalam rangka memperingati Hari Kartini 21 April 2018 dengan penyelenggara Dharma Wanita Persatuan KBRI Roma bertempat di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma.

Sekitar 300 undangan memadati halaman KBRI Roma untuk menikmati beragam makanan maupun mencari produk kerajinan tangan khas Indonesia di Kampung Jajan Campania, adalah nama jalan di mana KBRI Roma berada, kata Pensosbud KBRI Roma, Aisyah Allamanda kepada Antara London,Sabtu.

Kelompok masyarakat yang terdiri dari pelajar sekolah menengah, anggota asosiasi perempuan setempat hingga korps diplomatik asing, antusias menikmati sajian khas Nusantara yang ditawarkan.

Ragam panganan seperti nasi goreng, sate ayam, lontong kari, bakwan Malang, dan coto Makassar hingga beraneka macam kudapan seperti onde-onde lapis legit dan es mambo memikat para pengunjung.

Warga Indonesia yang tinggal di sekitar Roma maupun dari kota Turin dan Napoli ramai datang mengobati kerinduan terhadap selera khas tanah air.

Sementara tamu asing yang hadir menyatakan kekaguman atas adanya figur perempuan seperti R.A. Kartini menginspirasi perempuan Indonesia melampaui jamannya, sebagaimana dijelaskan melalui video dan narasi dalam bahasa Italia.

Keterangan Indonesia pernah memiliki seorang kepala negara dan banyak pemimpin perempuan disambut hangat hadirin. Beberapa di antara menyatakan hal tersebut menunjukkan perempuan Indonesia banyak berperan dalam pembangunan bangsa.

Dubes RI di Roma, Esti Andayani, membuka acara secara simbolik dengan pemukulan gong dan mengapresiasi Dharma Wanita Persatuan KBRI Roma yang selama ini aktif mendukung upaya promosi sosial budaya Indonesia di Italia, peranan perempuan baik dalam keluarga maupun di masyarakat tidak dapat dipandang sebelah mata, ujarnya.

Pertunjukan musik angklung dibawakan kelompok La Campania asuhan Dharma Wanita Persatuan KBRI Roma menambah semarak suasana di musim semi yang mulai hangat. Ketua Dharma Wanita Persatuan KBRI Roma, Delia Aries, menyatakan puas dengan sambutan meriah terhadap upaya promosi sosial budaya di Roma, Italia.

Kegiatan memperoleh banyak pujian dari tamu asing yang merupakan perpaduan promosi makanan dan aspek sosial budaya masyarakat Indonesia membuat mereka tertarik mengenal Indonesia lebih dekat.

Acara menakjubkan, saya sangat menikmatinya. Seperti berada di sepotong kecil Indonesia di tengah kota Roma, ujar Gladys Morales, warga Roma yang pernah tinggal di Jakarta .

Sementara itu, Ivano Romano, dari Kementerian Pertahanan Italia menyempatkan hadir mencicipi makanan Indonesia pertama kalinya, menyatakan kepuasannya. Dirinya mengaku sangat menikmati bakwan Malang serta lapis legit yang dimakannya.
 
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar