Harga ikan di Palembang naik

id ikan, pedagang ikan,harga ikan,ikan sarden,pasokan ikan,kolam ikan,pasar tradisional,spesies ikan

Dokumentasi - Pedagang ikan gabus di Pasar 26 Ilir Palembang (ANTARA News Sumsel/13/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Harga berbagai jenis ikan laut di sejumlah pasar di Kota Palembang sejak seminggu terakhir mengalami kenaikan, karena pasokannya sedikit.

Salah seorang pedagang ikan, Marlina di Palembang, Rabu mengatakan, harga ikan laut rata-rata mengalami kenaikan, karena pasokan sedikit, sebab berkaitan dengan musim hujan yang terjadi saat ini.

"Kami mengambil ikan ini dari pedagang di pasar induk Jakabaring, Palembang untuk dijual kembali ke masyarakat," ujarnya.

Ia menyatakan, karena harga ikannya mengalami kenaikan, maka terpaksa harga jual kepada masyarakat juga ikut naik pula menyesuaikan dengan harga di pasaran.

Ia menuturkan, untuk ikan sarden dijual dengan harga Rp30 ribu perkilogram sebelumnya sekitar Rp28 ribu perkilogram, kemudian ikan slar Rp20 ribu perkilogram sementara untuk ikan nila masih tetap Rp30 ribu perkilogram.

Sementara salah seorang ibu rumah tangga Rosalini menyampaikan sejak seminggu terakhir harga ikan laut di pasar Plaju Palembang juga mengalami kenaikan, karena pasokannya berkurang.

Untuk ikan sarden dijual Rp28 ribu perkilogram sebelumnya Rp25 ribu perkilogram, kemudian ikan tuna Rp35 ribu perkilogram dari sebelumnya Rp28 ribu perkilogram dan ikan patin juga naik menjadi Rp22 ribu perkilogram dari sebelumnya Rp17 ribu-Rp18 ribu perkilogram.

Jadi, untuk harga ikan laut memang mengalami sedikit lebih tinggi dari hari-hari biasa, karena itu terpaksa mengurangi untuk mengkonsumsi ikan laut tersebut, ujarnya.

Ia berharap, harga berbagai jenis ikan laut itu bisa normal kembali sehingga bisa terjangkau oleh masyarakat.Budi Suyanto.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar