Petani penerima program mina padi harus paham teknologi

id petani,berita palembang,berita sumsel,mina padi,teknologi,berita petani,dinas pertanianan

Petani penerima program mina padi harus paham teknologi

Arsip- Petani menanam bibit padi di lahan sawah lebak . (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ag/17)

Mukomuko (ANTARA News Sumsel) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan kelompok tani yang diusulkan sebagai calon penerima program budi daya ikan dengan tanaman padi (mina padi) di daerah ini harus paham teknologi pertanian.

"Kami sedang mencari kelompok tani penerima program ini yang  paham teknologi pertanian agar program tidak gagal," kata Kepala Seksi Produksi Tanaman Pangan dan Holtukultura Dinas Pertanian Kabupaten Sugiyanto di Mukomuko, Jumat.

Seluas 20 hektare lahan persawahan milik petani mendapat program mina padi dari pemerintah pusat tahun ini.

Ia menyatakan, instansinya sampai sekarang belum mendapatkan calon penerima program mina padi karena kelompok tani yang ada itu tidak paham teknologi pertanian.

Menurutnya, banyak kelompok tani yang menginginkan program program mina padi dari pemerintah provinsi, tetapi tidak semua kelompok tani yang paham teknologi.

"Kalau sekadar kelompok tani saja sangat banyak di daerah ini tetapi tidak semuanya yang paham teknologi. Kami butuhkan sekarang ini kelompok tani yang paham teknologi," ujarnya.

Ia menyatakan minimal kelompok tani yang ingin belajar untuk memahami teknologi pertanian khususnya yang berhubungan program ini.

Banyak penyuluh pertanian lapangan di daerah itu yang siap membina kelompok tani yang ingin belajar untuk memahami teknologi pertanian, katanya.
(T.KR-FTO/B.S. Hadi)