Wali kota shalat subuh berjamaah di Masjid Ar Rafi

id wali kota palembang, harnojoyo, shalat subuh berjamaah

Wali kota shalat subuh berjamaah di Masjid Ar Rafi

Wali Kota Palembang H Harnojoyo melaksanakan ibadah shalat subuh berjamaah di Masjid Ar Rafi Padang Kapas Kel. Bukit Lama, Kec.Ilir Barat I Kota Palembang, Sabtu (28/10) (ANTARA Sumsel/17/ist/I016)

....Saya sejak mencanangkan shalat subuh berjamaah ini belum pernah absen, sekalipun saya kurang sehat....
Palembang (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Palembang Harnojoyo melaksanakan ibadah shalat subuh berjamaah bersama warga Padang Kapang Kelurahan Bukit Lama, Kec. Ilir Barat I di Masjid Ar Rafi, Sabtu.

Shalat subuh berjamaah dan gotong royong setiap hari libur (Sabtu dan Minggu) itu merupakan bagian dari program yang dicanangkan wali kota dalam kurun dua tahun terakhir ini.

"Sholat subuh itu memang merupakan kewajiban kita sebagai umat Islam, tapi kalau berjamaah akan lebih baik. Ini juga menjadi amanah bagi saya untuk mentauladani masyarakat," kata Harnojoyo.

Ia menjelaskan, program shalat subuh berjamaah di masjid-masjid dan gotong royong bersama warga kota setiap pekan juga merupakan aplikasi untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa baik di dunia maupun akhirat.

Ia mengakui sejak mencanangkan program tersebut, terutama shalat subuh berjamaah bersama warga di masjid-masjid  belum  pernah absen sekalipun dia sakit.

"Saya sejak mencanangkan shalat subuh berjamaah ini belum pernah absen, sekalipun saya kurang sehat," tambahnya.

Banyak manfaat yang diambail dari kedua program yang dilaksanakan di luar jam kerja itu, katanya, pertama setelah shalat subuh bisa melakukan gotong royong membersihkan masjid atau lingkungan sekitar.

Menurut dia, program ini mendapat banyak dukungan, seperti Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, serta Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan yang menyatakan suatu waktu ingin turun ke Palembang untuk gotong royong bersama warga.

"Gotong royong bersama warga mungkin lebih dari 150 kali sudah dilaksanakan setiap pekan. Selama itu pula saya mungkin hanya sekali atau dua kali tidak hadir karena tugas ke luar daerah atau kepentingan dinas lain yang tidak bisa ditinggalkan," ujarnya.

Guna menggencarkan shalat subuh berjamaah ini, Pemkot Palembang pada Jumat (27/10) juga telah melantik dan meluncurkan porgram ustad pendamping camat membimbing ibadah masyarakat.
 
Tiap kelurahan ditetapkan satu orang ustad pendamping. di Kota Palembang terdapat 107 kelurahan.

Seusai shalat subuh berjamaah, Wali Kota Harnojoyo memberikan bantuan dana sebesar Rp20 juta untuk pengembangan pembangunan Masjid Ar Rafi yang diterima dewan penasihat masjid tersebut Prof DR Ir Amin Rejo.  (I016)