PVMBG ungkap kondisi terkini Gunung Kerinci

id gunung kerinci,pvmbg,status gunung kerinci,aktivitas vulkanik Kerinci,gempa vulkanik,erupsi kerinci,berita palembang, berita sumsel

PVMBG ungkap kondisi terkini Gunung Kerinci

Gunung Kerinci terlihat dari pos pengamatan yang berlokasi di Desa Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. (ANTARA/HO-PVMBG)

Jakarta (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengungkapkan kondisi terkini Gunung Kerinci yang berada di Jambi dan Sumatera Barat (Sumbar) berupa peningkatan intensitas gempa hembusan dan kemunculan gempa tremor.
 
Kepala PVMBG Hendra Gunawan mengatakan gempa hembusan dengan jumlah fluktuatif mendominasi pada 1 hingga 13 Januari 2024 dan tertinggi 50 kejadian terjadi pada 8 Januari 2024.
 
"Pada tanggal lainnya rata-rata 30 kejadian per hari," ujarnya dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Senin.
 
Hendra menuturkan gempa vulkanik dalam terekam sebanyak tiga kejadian dan gempa vulkanik dangkal terekam dua kejadian selama periode pengamatan tersebut.
 
Pada 11 dan 12 Januari 2024 PVMBG merekam getaran tremor terus menerus dengan amplitude maksimum 0,5 sampai 1 milimeter.
 
Kemunculan getaran tremor tersebut mengindikasikan adanya pergerakan fluida (gas, cairan, padatan batuan) ke permukaan, namun hingga saat ini tidak teramati adanya perubahan visual terhadap tinggi dan warna hembusan gas dari kawah.
 
Grafik RSAM menunjukkan fluktuasi pada pola stabil mengindikasikan tidak terekam gempa-gempa dengan energi besar.