KONI Sumsel jaring calon ketua umum untuk musoprov

id KONI ,Musprovlub ,Olahraga ,Porwil 2023

KONI Sumsel jaring calon ketua umum untuk musoprov

Wakil Ketua KONI Sumsel 1 sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Musprovlub KONI Sumsel Dhennie Zainal (ANTARA/ HO/ KONI Sumsel)

Palembang (ANTARA) -
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Selatan menjaring calon ketua umum periode 2023-2027  untuk maju pada pemilihan  yang akan dilaksanakan pada  musyawarah provinsi luar biasa (Musorprovlub) akhir November 2023.
 
"Musyawarah provinsi luar biasa (Musprovlub) untuk melakukan pemilihan ketua umum KONI pada tanggal 29 November hingga 1 Desember, dan dilaksanakan di Palembang," kata Wakil Ketua KONI Sumsel 1 sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Musprovlub KONI Sumsel Dhennie Zainal di Palembang, Jumat.
 
Ia mengatakan  musprovlub tersebut sengaja digelar akhir November karena 
SK kepengurusan KONI berakhir November (SK no 160 2023) yang menyebutkan keputusan ini berlaku terhitung sejak tanggal ditetapkan akhir September dan berakhir November 2023.
 
Untuk musprovlub, kata Dhennie bakal diikuti 87 votter atau pemegang hak suara. Terdiri dari 17 KONI Kabupaten dan kota di Sumsel kemudian 68 cabang olah raga  dan badan fungsional serta KONI Sumsel serta  KONI Pusat.
 
"Syarat maju menjadi calon ketua umum KONI Sumsel minimal atau sekurang kurangnya didukung  30 persen suara. Kemudian boleh pejabat publik apabila ingin maju menjadi calon ketua KONI," katanya.
 
Menurutnya kesiapan Musprovlub tersebut sudah disosialisasikan oleh KONI.
 
Ia juga bersyukur karena baru-baru ini KONI mampu meningkatkan prestasi Sumsel di ajang Porwil 2023 di Riau, setelah berhasil finish di urutan ke empat ajang kompetisi tersebut.
 
"Kita (KONI Sumsel) pertama sudah selesai mengikuti
 Porwil  XI Sumatera, 4-14 November 2023. Alhamdulillah kita ranking 4, dengan koleksi 14 emas, 28 perak, dan 7 perunggu," katanya..
 
Ia menambahkan hasil itu jauh melampaui Porwil X Sumatera sebelumnya di Bengkulu Sumsel finis di peringkat sembilan.