Sumsel raih enam medali pada nomor catur cepat Porwil XI

id Porwil XI Sumatera 2023,catur cepat

Sumsel raih enam medali pada nomor catur cepat Porwil XI

Tim catur dari Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) meraih tiga medali emas dan tiga medali perak pada nomor lomba catur cepat perorangan dan beregu Pekan Olahraga Wilayah di (Porwil) XI Sumatera 2023, pada hari pertama pertandingan digelar di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Minggu (5-11-2023).

Pekanbaru (ANTARA) - Tim catur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) meraih tiga medali emas dan tiga medali perak pada nomor catur cepat perorangan dan beregu Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera.

Pada hari pertama pertandingan yang digelar di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Minggu (5/11), tim catur Sumsel memborong enam medali.

"Sedangkan tim dari tuan rumah Provinsi Riau harus puas di posisi delapan," kata Wasit Ketua Catur Porwil XI Sumatera Herman Kurniadi.

Ia mengatakan pada posisi kedua diraih tim catur dari Provinsi Sumatera Barat dengan menyabet empat medali yakni satu medali emas, dua perak, dan satu perunggu. Posisi ketiga diraih tim asal Bengkulu dengan dua medali yakni satu medali emas dan satu perunggu.

Kemudian tim dari Kepulauan Riau meraih satu medali emas dan satu perunggu. Bangka Belitung satu medali perak, Jambi, Lampung, dan Riau masing-masing-masing satu perunggu.

"Untuk pertandingan catur cepat perorangan dan beregu sudah selesai digelar selanjutnya akan dilaksanakan pertandingan catur cepat dan catur standar,” ujarnya.

Sebelumnya Porwil XI Sumatera resmi dibuka pada Sabtu (4/11) malam di Pekanbaru oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) yang diwakili Staf Ahli Kemenpora Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Dwijayanto Sarosa Putera.

Dwijayanto Sarosa mengatakan Porwil XI di Riau merupakan ajang meningkatkan prestasi olahraga di Sumatera sekaligus sebagai ajang kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh dan Sumatera Utara. Dalam mewujudkan visi Indonesia emas 2045, lanjut Dwijayanto, pemerintah telah menetapkan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Muatan DBON merupakan arah pembangunan olahraga nasional yang terencana, terukur, terarah, dan berkesinambungan

"DBON memiliki empat pilar utama yaitu peningkatan prestasi olahraga, peningkatan partisipasi masyarakat dalam berolahraga melalui pilar olahraga rekreasi, peningkatan ekosistem olahraga melalui pilar industri olahraga, dan yang terakhir peningkatan sumber daya manusia melalui pilar olahraga pendidikan," katanya.

Sementara Porwil XI Sumatera merupakan salah satu bagian dari upaya untuk mewujudkan pilar prestasi olahraga. Ajang ini, lanjutnya, merupakan kesempatan bagi para atlet untuk menunjukkan kemampuan terbaik dan meraih prestasi yang membanggakan.