Sumsel akan kirim sembilan cabang olahraga ke Porwil Sumatera 2023

id sumsel

Sumsel akan kirim sembilan cabang olahraga ke Porwil Sumatera 2023

Pelari jarak jauh andalan Sumsel, Panji Adi Nugraha. (ANTARA/Syarif Abdullah)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Provinsi Sumatera Selatan dipastikan mengikuti sembilan cabang olahraga yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) 2023 di Provinsi Riau di Pekanbaru pada November.

"Ada sepuluh cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Porwil dan Sumsel akan turun di sembilan cabang olahraga. Total ada 204 atlet dan pelatih yang dipersiapkan," kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sumsel Meirizal Usra di Palembang, Selasa.

Sebanyak sembilan cabang olahraga yang akan diikuti oleh Sumsel adalah atletik, renang, wushu, e-sport, sepak bola, sepak takraw, catur, bola tangan, dan bola voli.

Dari 10 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada Porwil Sumatera total terdapat 144 nomor pertandingan yang sesuai dengan nomor yang akan dipertandingkan pada PON 2024 Aceh-Sumatera Utara.

Ia menyebutkan, ada waktu persiapan sekitar satu setengah bulan, dan masing-masing cabang olahraga sudah melakukan penyusunan kekuatan, termasuk melakukan evaluasi terhadap penampilan dan prestasi atlet pada ajang Porprov Sumsel XIV/2023 di Kabupaten Lahat.

"Kami serahkan persiapan ke cabang olahraga masing-masing dan dengan memadukan hasil Porprov Sumsel 2023 lalu. Itu pasti salah satu pertimbangan cabang olahraga," kata Meirizal.

Ia menyebutkan, ajang Porprov juga menjadi salah satu pintu atau peluang bagi atlet untuk bisa masuk dan terpilih masuk pelatda PON Sumsel.

Sementara itu untuk cabang olahraga lainnya, babak kualifikasi PON dilakukan masing-masing cabang olahraga.

Sumatera Selatan juga disebut-sebut menjadi tuan rumah babak kualifikasi voli pasir di Jakabaring Sport City. Namun demikian pihaknya masih menunggu konfirmasi dari cabang olahraga terkait.