KONI Sumatera Selatan janjikan bonus medali Porwil

id porwil,porwil x,Sumsel,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini

KONI Sumatera Selatan janjikan  bonus medali Porwil

Plt Ketua Umum KONI Sumsel Dhenie Zainal memberikan pembekalan ke kontingen Porwil X di Palembang, Minggu (27/10/2019). (ANTARA/Dolly Rosana/19)

Palembang (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Sumatera Selatan menjanjikan bonus kepada peraih medali Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X di Bengkulu, pada 3-9 November 2019.

Plt Ketua Umum KONI Sumatera Selatan Dhennie Zainal di Palembang, Minggu, mengatakan besaran bonus tersebut akan ditetapkan dalam waktu dekat karena sudah mendapatkan persetujuan dari pemerintah provinsi.

"Berapa besaran bakal kita tentukan secepatnya," ujar dia, yang diwawancarai setelah pembukaan kegiatan pembekalan dan pemberian motivasi ke kontingen Porwil Sumsel.

Ia mengatakan pada Porwil mendatang, Sumsel akan menurunkan atlet pada 11 cabang olahraga yakni atletik, renang, panjat tebing, catur, bulu tangkis, kempo, biliar, tinju, muaythai dan bola voli.

Sebelum mengikuti Porwil, puluhan atlet yang terpilih mewakili Sumsel telah menjalani pemusatan latihan di Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City, Palembang.

“Rencananya kontingen akan berangkat ke Bengkulu pada 1 November,” kata dia.

Ketua Kontingen Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumsel Mawardi Yahya mengharapkan manajer tim yang mengawal setiap cabang olahraga untuk aktif mendampingi atlet.

“Berbagai kebutuhan atlet diperhatian, dan jangan lupa kasih bonus untuk menambah motivasi mereka,” kata Mawardi yang juga Wakil Gubernur Sumsel ini.

Pada Porwil X ini, Sumsel menargetkan dapat meraih peringkat pertama setelah pada ajang serupa di Bangka Belitung finis pada urutan kedua.

Menurutnya, target ini sangat realistis karena Sumsel diperkuat sejumlah atlet yang sudah berprestasi di tingkat nasional.

Meski mengusung target juara umum, ia menekankan pentingnya sportivitas demi terjaganya nama baik Sumatera Selatan.

“Tidak boleh menghalalkan segala cara, dalam olahraga itu harus sportif, jika lawan lebih baik ya harus diakui. Tapi pesan saya, jangan menyerah sebelum pertandingan selesai,” kata dia.

Sementara itu, Tim sepak bola Provinsi Sumatera Selatan optimistis mempertahankan gelar juara atau medali emas pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Sumatera 2019.

Pelatih kepala tim sepak bola Sumsel Handri Wicaksana di Palembang, Selasa, mengatakan, persiapan atlet sudah terbilang maksimal karena telah menjalani training center (TC) sejak 17 Oktober lalu dengan menginap di Asrama Haji dan berlatih di Stadion Garuda Sriwijaya, Komplek Jasdam Kodam II Sriwijaya.

"Tim sudah siap bertanding untuk mempertahankan medali emas," kata dia.

Sebelumnya, pada Porwil X Sumsel di Bangka Belitung 2015, sepak bola Sumsel juara, pada partai final berhasil mengalahkan Sumut.