Pemkab Muba optimalkan penyerapan tenaga kerja lokal

id disnakertrans,mus banyuasin,sumsel,loka kerja,muba expo 2023

Pemkab Muba optimalkan penyerapan tenaga kerja lokal

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan menggelar Muba Expo 2023. Pada ajang itu juga dibuka loka kerja untu mengoptimalkan penyerapan tenaga kerja lokal yang merupakan bagian kegiatan Muba Expo 2023 yang sekaligus untuk memeriahkan HUT ke-67 Kabupaten Muba. (ANATARA/HO-Pemkab Muba)

Musi Banyuasin (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan menjembatani para pencari kerja di daerah itu untuk mendapatkan pekerjaan melalui loka kerja pada kegiatan Muba Expo 2023 yang digelar di Kota Sekayu, Muba.

Kepala Disnakertrans Muba Mursalin menjelaskan kegiatan yang digelar pada 27 Oktober hingga 2 November 2023 yang  sekaligus bagian dari kegiatan  HUT ke-67 Kabupaten Muba.itu bertujuan untuk memenuhi keinginan para pencari kerja di daerah agar dapat bekerja di perusahaan-perusahaan lokal.

"Loka kerja atau Job Fair merupakan program strategis yang digelar Pemkab Muba untuk menurunkan angka pengangguran terbuka di Wilayah ini, sesuai arahan Pj Bupati Muba Apriyadi Mahmud bahwa perusahaan yang berdomisili di Muba harus memperhatikan dengan serius kebutuhan tenaga kerja guna mendorong ekosistem ketenagakerjaan, yaitu dengan membuka akses untuk pencari kerja bertemu dengan perusahaan," jelas Mursalin.

Ia menyebut ada sebanyak delapan perusahaan yang meramaikan bursa kerja itu, seperti PT. Pinago Utama Tbk, PT. Jafa Indo Corporo, PT. Hindoli (Cargill Group), PT. Kirana Musi Persada, PT. Salim Ivomas Pratama Tbk, PT. Berkat Sawit Sejati (BSS), PT. Wana Potensi Guna (WPG), dan PT. Ghutrie Pecconina Indonesia

"Sinergi ini terus diciptakan dengan berbagai perusahaan dalam dan luar wilayah Muba, jadi kita harapkan masyarakat Muba khususnya bagi pencari kerja agar dapat memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya untuk mendapatkan pekerjaan,” ucapnya.

Ia mengatakan untuk pendaftaran dan informasi terkait lowongan kerja itu dapat langsung dikunjungi ke stand Disnakertrans Kabupaten Muba di Acara Muba Expo 2023 yang dipusatkan di Stable Berkuda Sekayu.

Selain itu, di stand Disnakertrans masyarakat dapat mendapatkan informasi tentang Muba Vocational Center (MVC) yang juga menyelenggarakan program pelatihan sertifikasi bidang industri migas baik yang sudah, tengah dan akan berjalan di tahun yang akan datang.

“Sekali lagi, kesempatan ini hendaknya dapat dimanfaatkan oleh pencari kerja, anak-anak muda untuk mengembangkan kompetensinya masuk dalam pasar kerja industri migas,” tegas Mursalin.