Gajah Borobudur oindahan ke Gembira Loka Yogya

id Hibah Gajah TWC,PT TWC,Gajah Borobudur ,Gembira Loka Zoo ,BKSDA DIY,gajah twc

Gajah Borobudur oindahan ke Gembira Loka Yogya

Proses pemindahan (translokasi) satwa gajah dari kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, ke Gembira Loka Zoo, Yogyakarta pada Rabu (14/6/2023). ANTARA/HO-PT TWC

Sleman (ANTARA) - Memelihara gajah bukan hal mudah dan harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan hidupknya.

Tidak semua dikembalikan ke habitat aslinya, namun sebagian ditempatkan di kebun binatang untuk keperluan edukasi dan rekreasi keluarga.

PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko menghibahkan tiga dari lima gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang selama ini dirawat PT TWC kepada PT Buana Alam Tirta atau Gembira Loka Zoo Yogyakarta.

"Hibah tiga gajah ini ke Gembira Loka Zoo di bawah pengawasan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY ini sebagai upaya mendukung program keberlanjutan konservasi satwa dan edukasi publik mengenai fauna di Indonesia," kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Febrina Intan, di Sleman, Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, PT TWC sebelumnya secara resmi melakukan serah terima kelima satwa gajah kepada BKSDA Jawa Tengah. Selanjutnya BKSDA Jawa Tengah mempercayakan tiga satwa gajah itu kepada BKSDA DIY, yang kemudian diestafetkan kepada Gembira Loka Zoo untuk dirawat dengan baik.

"Sedangkan kedua satwa gajah lainnya, dipercayakan oleh BKSDA Jawa Tengah kepada PT Taman Satwa Semarang atau Semarang Zoo untuk dirawat," katanya pula.

Ia mengatakan, pemberian hibah satwa gajah ini merupakan bentuk dukungan PT TWC bagi upaya konservasi satwa liar yang dilindungi oleh negara, melalui mitra yang lebih kredibel dan profesional.