Pemkab OKU dorong budidaya ikan gabus di Desa Marta Jaya

id Budidaya ikan, ikan gabus, ikan air tawar, pembudidaya ikan, TNI Kodim, Pemkab OKU

Pemkab OKU dorong budidaya ikan gabus di  Desa Marta Jaya

Pejabat Bupati OKU, Teddy Meilwansyah meninjau budidaya ikan gabus di Desa Marta Jaya, Kamis (13/10/2022). (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan bersama TNI Kodim 0403 setempat mendorong percepatan budidaya ikan gabus di Desa Marta Jaya, Kecamatan Lubuk Raja agar semakin berkembang guna meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Kami mendorong percepatan budidaya ikan gabus di Desa Marta Jaya ini sehingga nantinya bisa menjadi produk atau sentra unggulan di Kabupaten OKU," kata Dandim 0403 OKU, Letkol Inf Ferizal bersama Pejabat Bupati OKU, Teddy Meilwansyah saat meninjau lokasi budidaya ikan gabus di Desa Marta Jaya, Kamis.

Dia menjelaskan, Desa Marta Jaya berpotensi menjadi pusat pengembangan budidaya ikan gabus karena memiliki sarana dan prasarana memadai dalam beternak ikan jenis air tawar tersebut.

"Apalagi Desa Marta Jaya ini memiliki program Pindang Gabus dan berbagai olahan makanan berbahan dasar jenis ikan tersebut yang familiar di tengah masyarakat luas," katanya.

Oleh sebab itu, pihaknya siap memfasilitasi kebutuhan para peternak dalam membudidayakan ikan gabus agar semakin berkembang sehingga diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat di wilayah itu.

"Salah satu doktrin TNI AD yakni memperhatikan masyarakat sekitar. Jadi apapun kesulitan dan kebutuhan para pembudidaya akan kami dipenuhi," tegasnya.

Sementara itu, Pejabat Bupati OKU, Teddy Meilwansyah menambahkan bahwa ikan gabus ini sangat familiar di tengah masyarakat Sumsel karena dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang sehat khas Kota Palembang seperti pempek, tekwan dan lainnya.

Selain itu, ikan gabus juga memiliki kandungan gizi yang tinggi dan estrak ikan gabus atau albumin juga baik untuk keperluan medis.

"Intinya ikan gabus memiliki nilai ekonomis yang sangat luar biasa yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Oleh sebab itu kami sangat mendukung adanya budidaya ikan gabus di Desa Marta Jaya ini," kata dia.

Sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah siap menyalurkan bantuan mulai dari bibit ikan hingga pakan ternak agar pembudidaya lebih mudah dalam membudidayakan ikan gabus.