Garda e-Sport Palembang gelar turnamen nasional secara daring terbuka

id esport, garda esport palembang, turnamen esport

Garda e-Sport Palembang gelar turnamen nasional secara daring terbuka

Ketua Pelaksana Turnamen Garda e-Sport M Imam Nopriyansyah memberikan penjelasan pelaksanaan pertandingan kepada wartawan. (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Garda e-Sport Palembang, Sumatera Selatan menggelar turnamen nasional secara daring terbuka untuk umum segala usia yang pertandingannya dijadwalkan berlangsung pada 26 Agustus hingga 1 September 2022.

"Turnamen esport nasional digelar untuk menjaring bibit atlet muda berbakat dan mendata komunitas penggemar olahraga elektronik sebagai upaya pembinaan jangka panjang," kata Ketua Pelaksana Turnamen Garda e-Sport M Imam Nopriyansyah, di Palembang, Kamis.

Dia menjelaskan, esport merupakan jenis olahraga yang menggunakan peralatan elektronik seperti gawai (handphone) dan komputer/PC yang cukup populer akhir-akhir ini.

Tim esport dari Ibu kota Provinsi Sumsel ini dan daerah lain sering mengikuti pertandingan tingkat nasional dan internasional, namun karena kurangnya fasilitas tempat pelatihan yang memadai dan kejuaraan berkelanjutan serta kurangnya pembinaan.

Baca juga: 120 atlet esport dari 26 provinsi tampil di Fornas VI Sumsel

Untuk mengembangkan esport, dalam Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI di Palembang pada 1-7 Juli 2022, digunakan sebagai wadah ajang kompetisi amatir untuk memunculkan atlet olahraga elektronik potensial.

Begitu pula momentum peringatan hari lahir ke-24 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tahun ini, Garda e-Sport berupaya memfasilitasi penggemar olahraga elektronik berkompetisi secara sehat memperebutkan Piala Gus Muhaimin dan uang pembinaan Rp25 juta.

Turnamen esport yang pendaftarannya dibuka mulai 27 Juli hingga 23 Agustus 2022, sesuai arahan Pembina Garda 'e-Sport' Palembang Ramlan Holdan ke depannya dirancang menjadi ajang kompetisi berkelanjutan setiap tahun sehingga dapat memotivasi penggemar olahraga elektronik itu selalu berlatih menyiapkan diri mengikuti pertandingan pada tahun-tahun berikutnya.

Selain itu, melalui turnamen tersebut diharapkan menjadi sarana komunikasi untuk menciptakan atlet esport unggul yang mampu mengukir prestasi di tingkat nasional dan internasional.
Baca juga: Fornas Sumsel jadi saluran perkuat kontingen esport Indonesia