Sekda OI sebut bidan salah satu garda terdepan pelayanan kesehatan

id Sumsel, bidan, ogan ilir, hut bidan

Sekda OI sebut bidan salah satu garda terdepan pelayanan kesehatan

Peringatan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-73 Tahun 2024 dan Seminar IBI Cabang Kabupaten Ogan Ilir. Selasa (20/08/2024) bertempat di Gedung Serbaguna KPT Tanjung Senai. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Ogan Ilir, Sumsel (ANTARA) - Sekretaris Daerah Ogan Ilir H Muhsin Abdullah mewakili Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar menghadiri Peringatan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-73 Tahun 2024 dan Seminar IBI Cabang Kabupaten Ogan Ilir. Selasa (20/08/2024) bertempat di Gedung Serbaguna KPT Tanjung Senai.

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris IBI Provinsi Sumsel, Ketua IBI cabang Ogan Ilir, Ketua BKOW Hj, Fauziah Mawardi, Asisten sekda Ogan Ilir, Kepala perangkat daerah pemkab Ogan Ilir, camat, serta 941 bidan dari seluruh kabupaten Ogan Ilir.

HUT IBI yang berlangsung meriah ini mengangkat tema "Peran bidan dalam penguatan sistem ketahanan nasional dan Krisi iklim melalui sinergi dan kolaborasi "

Pada kesempatan ini, Sekda Ogan Ilir, H Muhsin Abdullah mengucapkan selamat ulang tahun kepada Ikatan Bidan Indonesia yang ke-73 tahun.

"Seiring bertambahnya usia kami mengharapkan IBI dapat tumbuh meningkatkan kualitasnya dan dapat memberikan kontribusi yang prima dalam melayani masyarakat, " ujarnya.

Sekda Ogan Ilir juga menjelaskan bahwa bidan merupakan salah satu tenaga kesehatan profesional yang strategis sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan esensial pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak, Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi.

Ruang lingkup asuhan kebidanan meliputi asuhan pra-konsepsi, kehamilan, persalinan, nifas, Kesehatan Reproduksi Perempuan, Keluarga Berencana (KB), Bayi, dan Balita terutama untuk pemantauan tumbuh kembang pada 1000 hari pertama kehidupan sebagai golden period untuk mencegah stunting dan membangun kualitas generasi masa depan.

Dengan mengangkat tema "Peran bidan dalam penguatan sistem ketahanan nasional dan Krisi iklim melalui sinergi dan kolaborasi " sekda Ogan Ilir berharap kepada para bidan untuk terus bersemangat melakukan tugas pelayanan dengan sepenuh hati, meningkatkan kapasitas dan profesionalisme serta tingkatkan sinergitas dan kolaborasi dengan semua pihak, demi memberikan pelayanan maksimal terutama pada ibu dan anak.