BMKG prakirakan wilayah Sumsel berpotensi hujan

id cuaca,hujan,bmkg,bmkg sumsel,berawan,sumsel

BMKG prakirakan wilayah Sumsel berpotensi hujan

Pengendara menerobos hujan lebat saat melintas di jalan protokol Palembang. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan memprakirakan wilayah setempat mengalami cuaca hujan, Senin.

Rilis pers diterima ANTARA di Palembang, cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin dan Banyuasin.

Sedangkan pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang – lebat di wilayah Musi Rawas, Lubuk Linggau, Lahat, Pagaralam, Muara Enim, Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, OKU, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang – lebat di wilayah Musi Rawas Utara, PALI, Prabumulih, Musi Banyuasin, Palembang, Ogan Ilir, Banyuasin, Muara Enim dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Sedangkan pada dini hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan - sedang di wilayah Muara Enim, Lahat, Musi Rawas, OKI dan Musi Banyuasin.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 23 – 33 °C dengan kelembapan udara 60 persen - 98 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 19 – 32 °C, dengan kelembapan udara 65 persen - 100 persen.

Angin dari Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 5 – 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, di Selat Bangka bagian Selatan 0,5 - 1,25 m dan Selat Bangka Bagian Utara 0,1 - 0,5 meter. Cuaca diprakirakan hujan ringan dengan arah angin dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 5 - 30 km/jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang - lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hingga malam hari di wilayah Muara Enim, Lahat, OKU, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Musi Banyuasin, PALI dan Banyuasin.