Bandara Silampari segera buka rute penerbangan ke Jakarta

id Bandara Silampari, Kota lubuk Linggau, arus mudik,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Bandara Silampari segera buka  rute penerbangan ke Jakarta

Rapat koordinasi Kementerian Perhubungan dengan Dinas Perhubungan Sumatera Selatan, Pemerintah Kota Lubuk Linggau beserta Maskapai Penerbangan terkait rute penerbangan Lubuk Linggau-Jakarta di Bandara Silampari (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/22)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Bandara Silampari di Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, segera membuka kembali rute penerbangan Jakarta - Lubuk Linggau yang disiapkan untuk melayani arus mudik Idul Fitri 1443 Hijriah. 

"Pembukaan rute penerbangan di Bandara Silampari tersebut difasilitasi Kementerian Perhubungan setelah sempat tertunda sejak tahun lalu," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan Ari Narsa di Palembang, Rabu.

Menurut Ari, melalui fasilitasi tersebut saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuk Linggau dengan pihak maskapai penerbangan sedang melakukan pembahasan terkait pemantapan teknis operasional rute penerbangan.

Berdasarkan rapat koordinasi secara virtual pada Selasa (5/4)  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengharapkan pembahasan teknis operasional tersebut bisa diselesaikan maksimal dua pekan ke depan untuk memberikan kepastian kepada calon penumpang pada arus mudik lebaran nanti.

Bahkan, kata dia, pemerintah provinsi pun sangat mendukung rute penerbangan Lubuk Linggau-Jakarta tersebut bisa berlangsung permanen dengan jadwal tetap setiap harinya.

"Karena melalui pembukaan rute penerbangan itu diharapkan bisa memberi pengaruh positif untuk menggerakkan perekonomian di kota destinasi wisata itu," imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Lubuk Linggau SN Putra Prana Sohe mengatakan Pemkot Lubuk Linggau optimistis pembukaan kembali rute penerbangan bersama maskapai JT Group tersebut bisa terealisasi sesuai waktu yang diharapkan.

Optimisme itu lahir, kata dia, karena Bandara Silampati telah mempunyai pengalaman cukup baik dalam melayani penerbangan bersama maskapai tersebut sejak lima tahun terakhir.

“Kami membutuhkan dukungan khususnya sehingga operasional rute penerbangan itu nantinya bisa lancar, terimakasih untuk semuanya dari Kementerian Perhubungan dan pemerintah provinsi, ataupun maskapai,” kata dia.