Kantor UKK Lubuklinggau dukung pengembangan Bandara Silampari

id Pemkot Lubuklinggau, bangun ukk, gedung unit kerja keimigrasian, unit kerja keimigrasian, pelayanan paspor

Kantor UKK Lubuklinggau dukung pengembangan Bandara Silampari

Pejabat Pemkot Lubuklinggau bersama pejabat Kemenkumham melakukan peletakan batu pertama pembangun gedung unit kerja keimigrasian. (ANTARA/Yudi Abdullah/HO/23)

Palembang (ANTARA) - Kehadiran Kantor Unit Kerja Keiimigrasian (UKK) Kota Lubuk Linggau mendukung keberadaan dan pengembangan Bandara Silampari yang berada di daerah itu.

"Pembangunan UKK Lubuklinggau selain untuk memudahkan pelayanan keiimigrasian  juga bertujuan untuk mendukung pengembangan Bandara Silampari Lubuklinggau melayani penerbangan dan mengembangkan industri pariwisata," kata Wali Kota Lubuklinggau, SN Prana Putra Sohe di Lubuklinggau, Rabu.

Pemerintah Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan pada Maret 2023 ini mulai melakukan pembangunan gedung khusus Unit Kerja Keimigrasian (UKK) untuk memberikan kemudahan pelayanan dokumen keimigrasian bagi warga kota setempat dan daerah sekitarnya.

Menurut dia, selama ini warga Kota Lubuklinggau harus ke Kantor Imigrasi di Kabupaten Muara Enim atau Kota Palembang untuk membuat paspor baru dan penggantian buku yang habis masa aktifnya.

Melihat kondisi tersebut, pihaknya berupaya mendekatkan pelayanan keimigrasian dengan membuka UKK yang mendapat dukungan pejabat Kanwil Kemenkumham Sumsel dan Ditjen Imigrasi.

Sambil menunggu gedung UKK dalam pembangunan, pelayanan keimigrasian sudah mulai jalan sejak beberapa bulan terakhir dengan menggunakan gedung pelayanan perizinan satu pintu.

“Mohon doa semuanya, semoga pembangunan UKK di Jalan Pasar Satelit Lubuklinggau Utara berjalan dengan lancar tanpa ada kendala dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,"  kata Wali Kota Lubuklinggau itu.

Sementara Kepala Divisi Keimigrasian, Kanwil Kemenkumham Sumsel, Herdaus mengapresiasi atas itikad baik dan kemauan yang tinggi dari Pemerintah Kota Lubuklinggau untuk menghadirkan layanan keimigrasian di kota tersebut.

"Saya berterima kasih atas terlaksananya kegiatan peletakan batu pertama pembangunan gedung UKK, ini merupakan komitmen dari perjanjian kerja sama yang telah disepakati sebelumnya untuk memiliki sebuah Kantor Imigrasi di Kota Lubuklinggau dan keberadaan UKK ini ke depannya akan berdampak besar terhadap masyarakat karena akan memberikan pelayanan yang lebih mudah dan dekat kepada masyarakat," ujar Herdaus.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya mengatakan pembangunan gedung UKK Lubuklinggau akan menjadi sebuah karya besar yang baik hasil kolaborasi Kemenkumham melalui Direktorat Jenderal Imigrasi dengan Pemerintah Kota Lubuklinggau.

“Apa yang dilakukan Pemkot Lubuklinggau patut dijadikan contoh bagi daerah-daerah lain dalam hal proses pembangunan UKK karena dilihat dari sketsa bangunannya," ujar Kakanwil Ilham.