BMKG ingatkan warga Sumsel waspadai hujan lebat disertai angin kencang

id cuaca,cuaca palembang,palembang,sumsel,iklim,hujan lebat,banjir

BMKG ingatkan warga Sumsel waspadai hujan lebat disertai angin kencang

Pengendara melintas di atas Jembatan Musi IV dengan latar belakang awan hitam yang menyelimuti langit Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (21/1/2020). (ANTARA/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merilis peringatan dini kepada warga Sumatera Selatan untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang, Selasa.

Rilis diterima di Palembang, Selasa, menyebutkan wilayah yang diperkirakan mengalami cuaca tersebut adalah Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, Musi Banyuasin, Muara Enim, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Lubuk Linggau, Lahat, Palembang, Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, Empat Lawang, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara.

Potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang ini diperkirakan berdurasi singkat pada siang hingga malam hari

Pada pagi hari cuaca cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan hingga sedang terjadi di wilayah OKI, Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Lahat, PALI dan OKU Selatan.

Pada siang hingga sore hari diperkirakan cuaca berawan, berawan tebal, hujan sedang hingga lebat di wilayah OKI, Banyuasin, Muara Enim, Lahat, Pagaralam, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Empat Lawang dan OKU Selatan.

Sedangkan, potensi hujan petir pada siang hingga sore hari terjadi di wilayah Musi Banyuasin, Palembang, Prabumulih, Ogan Ilir, OKU, OKU Timur, Lubuk Linggau dan PALI.

Pada malam hari cuaca diperkirakan berawan, berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Lahat, Empat Lawang, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Muara Enim, OKU dan PALI.

Sedangkan, cuaca berpotensi hujan ringan pada malam hari di wilayah OKI, Pagaralam, OKU Timur, OKU Selatan, Lubuk Linggau, OKI dan Banyuasin.

Pada dini hari, cuaca diperkirakan verah berawan dan potensi kabut, hingga berpotensi hujan ringan di wilayah OKI, Banyuasin, Musi Banyuasin, Muara Enim, Musi Rawas, Ogan Ilir dan Palembang.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI: 23 – 31 °C, Kelembapan Udara 65 % - 98 %.

Suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan : 18 – 30 °C; Kelembapan Udara 70% - 100%.

Angin dari Barat – Utara dengan kecepatan 05 - 30 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian Utara dan Selat Bangka bagian Selatan: 1.25 – 2.50 m, cuaca diperkirakan hujan ringan, arah angin dari Barat Laut – Utara dengan kecepatan 8 – 45 km/jam.