Belitung ajak investor kembangkan budidaya udang vaname

id Pemkab Belitung,udang vaname

Belitung ajak investor kembangkan budidaya udang vaname

Budidaya udang vaname di Belitung (Antara/kasmono)

Belitung, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak para investor untuk mengembangkan budidaya udang vaname di daerah itu.

Kepala Dinas Perikanan Belitung, Firdaus Zamri di Tanjung Pandan, Minggu mengatakan kawasan pesisir Belitung, memiliki potensi pengembangan budidaya udang vaname guna menggerakkan roda perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Daerah pesisir Belitung memiliki potensi untuk dikembangkan budidaya udang vaname," katanya.

Menurut dia, nilai ekonomi dari budidaya udang vaname tersebut cukup tinggi dan menjanjikan dimana harga jual udang vaname mencapai Rp90 ribu per kilogram.

"Udang vaname ini tidak hanya dipasarkan di dalam negeri namun juga ekspor ke luar negeri terutama negara-negara di kawasan Eropa," ujarnya.

Ia mengatakan, kendala yang sering dihadapi dalam budidaya udang vaname antara lain status lahan dan harga jual lahan daerah pesisir yang tinggi.

Ia menyebutkan, sebagian kawasan pesisir Belitung masuk dalam kawasan hutan lindung dan masuk dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) daerah pariwisata.

"Namun, wilayah pesisir yang berada di luar kawasan itu bisa dimanfaatkan untuk kegiatan budidaya udang vaname," katanya.

Ia berharap, budidaya udang vaname di daerah itu dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat pesisir dan pendapatan daerah.

"Kami mencatat ada satu usaha budidaya udang vaname yang sedang dalam tahapan persiapan sarana dan prasarana yakni di Desa Membalong," ujar Firdaus.