Pengelola wisma atlet Jakabaring siapkan dua tower isolasi COVID-19

id Covid-19, isolasi mandiri, lokasi isolasi covid, wisma atlet disiagakan antisipasi lonjakan kasus positif covid-19, covid, virus corona,wisma atlet pa

Pengelola wisma atlet Jakabaring siapkan dua tower isolasi COVID-19

Wisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC) Palembang (ANTARA Sumsel News/Nova Wahyudi/dol/18)

Palembang (ANTARA) - Pengelola wisma atlet PT Jakabaring Sport City (JSC) Palembang menyiapkan dua tower untuk menampung isolasi masyarakat yang terinfeksi COVID-19 dari  17 kabupaten dan kota dalam wilayah Sumatera Selatan.

Sebagai antisipasi lonjakan kasus positif COVID-19 dari berbagai daerah, sesuai instruksi Gubernur Sumsel Herman Deru telah disiapkan tower 7 dan 8 wisma atlet untuk isolasi ratusan masyarakat yang terinfeksi virus tersebut, kata Direktur Marketing PT Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Bambang Suprianto di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, masyarakat yang menjalani isolasi di wisma atlet untuk mencegah penularan COVID-19 yang lebih luas masih sedikit karena mampu ditampung di rumah sakit yang ada di provinsi ini.

Baca juga: Lokasi isolasi pasien COVID-19 di Sumsel masih mencukupi
Baca juga: Pemerintah pusat siap bantu fasilitas isolasi mandiri daerah

Jumlah masyarakat yang sedang dan telah menjalani isolasi hingga Juni 2021 ini hanya 28 orang yang berasal dari beberapa daerah di Sumsel dan ada juga yang berasal dari Jawa seperti Cirebon dan DKI Jakarta. 

 Jika perkembangan kasus positif COVID-19 terus meningkat, pihaknya siap menerima rujukan dari rumah sakit berbagai kabupaten/kota, serta menyediakan kamar di beberapa tower wisma atlet lainnya, kata Bambang.

Sementara Kepala Seksi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular Dinkes Palembang, Yudhi Setiawan menambahkan pihaknya berupaya menekan angka penyebaran COVID-19 dengan penyediaan fasilitas layanan kesehatan ruang isolasi di rumah sakit dan wisma atlet Jakabaring Palembang. 

Berdasarkan data hingga 21 Juni 2021, angka positif COVID-19 di Palembang  tembus 14.569 orang atau naik 84 orang dibandingkan sehari sebelumnya.

Selain itu bersama tim gabungan Gugus Tugas COVID-19 berupaya menegakkan disiplin masyarakat menerapkan protokol kesehatan seperti selalu menggunakan masker, menjaga jarak, membatasi mobilitas, dan selalu mencuci tangan, ujar dia.
Baca juga: Mendagri minta kepala daerah manfaatkan masa jabatan tangani COVID-19
Baca juga: Tito Karnavian beri sinyal Sumsel siapkan Wisma Atlet Jakabaring untuk isolasi COVID-19