Gol perdana Trincao bawa Barca tundukkan Betis

id liga spanyol,barcelona,real betis,trincao,lionel messi,victor ruiz,borja iglesias,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, in

Gol perdana Trincao bawa Barca tundukkan Betis

Pemain sayap Barcelona Trincao (tengah) melepaskan tembakan untuk mencetak gol pengunci kemenangan atas Real Betis dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Benito Villamarin, Sevilla, Spanyol, Minggu (7/2/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Marcelo del Pozo)

Jakarta (ANTARA) - Gol perdana Trincao bersama Barcelona membawa Blaugrana menundukkan Real Betis 3-2 dalam laga pekan ke-22 Liga Spanyol di Stadion Benito Villamarin, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Sayap berkebangsaan Portugal itu mencetak golnya tiga menit jelang bubaran waktu normal saat ia menyambar bola sapuan Aissa Mandi dengan tembakan dari tepian kotak penalti yang melengkung ke pojok kiri atas gawang.

Sebelumnya, Barcelona harus kehilangan Ronald Araujo karena cedera pada menit ke-11 sehingga Ronald Koeman terpaksa menurunkan Frenkie de Jong mengisi posisi bek tengah berduet dengan Clement Lenglet.

Barca hampir memimpin pada menit ke-28, sayang Lenglet yang merangsek ke muka gawang menanduk bola terlalu tinggi dari sasaran.

Betis justru berhasil mencuri keunggulan pada menit ke-38 ketika sebuah serangan balik diakhiri dengan umpan silang terukur oleh Emerson yang disambut sontekan mudah Borja Iglesias tepat di muka gawang tim tamu.

Tertinggal satu gol, Barca berambisi membalas tetapi peluang mereka empat menit memasuki babak kedua melalui tembakan keras Oscar Mingueza bisa dimentahkan oleh kiper Joel Robles.

Tujuh menit berselang giliran kiper Marc-Andre ter Stegan yang beraksi di ujung lapangan berbeda untuk menghalau tembakan jarak dekat Juanmi.

Pada menit ke-59 Barcelona akhirnya mampu menyamakan kedudukan melalui aksi Lionel Messi yang melakukan tusukan setelah menerima umpan sodoran Ousmane Dembele sebelum menyelesaikannya dengan sepakan cantik ke pojok kanan bawah gawang.

Barcelona berbalik memimpin pada menit ke-68 saat upaya Antoine Griezmann menyelesaikan umpan Jordi Alba membuat bola membentur ke badan Victor Ruiz yang berakhir mencetak gol bunuh diri ke gawang Betis.

Keunggulan itu tak bertahan lama, sebab tujuh menit kemudian Ruiz membayar kesalahannya dengan menanduk umpan silang tajam kiriman Nabil Fekir untuk membawa Betis menyamakan kedudukan 2-2.

Betis hampir merebut keunggulan pada menit ke-85, tetapi Ter Stegen melakukan dua penyelamatan gemilang atas sundulan Ruiz dan tembakan Loren Moron yang berusaha menyambar bola muntah.

Penyelamatan itu terbukti krusial, sebab dua menit kemudian Trincao mencetak gol pengunci kemenangan Barcelona yang kini menang untuk enam pertandingan beruntun.

Barcelona kembali mengamankan posisi kedua klasemen dari tangan Real Madrid, berbekal keunggulan selisih gol kendati kedua tim sama-sama memiliki 43 poin.

Sedangkan Betis (30) yang harus merelakan rentetan lima laga nirkalah mereka berakhir tertahan di urutan ketujuh, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Barcelona akan main lebih awal di pertandingan selanjutnya pada Sabtu (13/2) saat menjamu Alaves di Camp Nou, sehari sebelum Betis bertandang ke markas Villarreal.

Namun, sebelumnya pada Rabu (10/2), Barcelona bakal lebih dulu melakoni leg pertama semifinal Copa del Rey di kandang Sevilla.