Pertamina dorong konsumen transaksi online gunakan MyPertamina

id pertamina,pt pertamina,spbu,aplikasi mypertamina,nontunai

Pertamina dorong konsumen transaksi online gunakan MyPertamina

Konsumen memperlihatkan aplikasi MyPertamina untuk mengikuti program Berkah Energi Pertamina (BEP) di SPBU Kp Mulia, Banda Aceh, Aceh, Jumat (5/10). (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/wsj/18.)

Palembang (ANTARA) - PT Pertamina mendorong konsumen untuk bertransaksi secara online menggunakan aplikasi MyPertamina sebagai upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II Sumbagsel Umar Ibnu Hasan di Palembang, Rabu, mengatakan, layanan transaksi nontunai melalui aplikasi MyPertamina ini dapat diunduh di playstore (android) dan app store (iOS) pada saat pengisian Bahan Bakar di SPBU.

“Sistem pembayaran nontunai/ cashless ini merupakan kelanjutan program digitalisasi pipa pengisian (nozzle) yang dipasang di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina,” kata dia.

Dengan transaksi nontunai melalui aplikasi MyPertamina terbukti sebagai metode transaksi keuangan yang praktis, aman dan efisien.

Konsumen tidak perlu repot menyiapkan uang tunai atau uang kembalian sehingga dapat mengurangi penyebaran COVID-19.

"Saat ini sangat perlu menghindari penggunaan benda yang disentuh banyak orang, termasuk uang tunai. Ini karena penyebaran COVID-19 ini bisa saja berpindah dari satu orang ke yang lainnya,” kata dia.

Saat ini terdapat 452 SPBU Pertamina Sumbagsel yang wilayahnya meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Kepulauan Bangka Belitung bisa bertransaksi menggunakan aplikasi MyPertamina.

Sebanyak 134 SPBU di Sumatera Selatan, 153 SPBU di Lampung, 57 SPBU di Kepulauan Bangka Belitung, 74 SPBU di Jambi, dan 34 SPBU di Bengkulu.

Berbagai upaya terus dilakukan Pertamina untuk mencegah penyebaran COVID-19 terutama di fasilitas bisnis seperti SPBU yang merupakan tempat publik dimana banyak orang berlalu-lalang.

Selain mengantisipasi penyebaran virus yang kian mengkhawatirkan, perlu juga melindungi petugas/ operator SPBU sebagai garda terdepan Pertamina yang bersentuhan dan memberikan pelayanan langsung dengan masyarakat.

Upaya-upaya yang dilakukan Pertamina untuk menekan penyebaran COVID-19 di SPBU antara lain seluruh petugas wajib mengenakan masker dan tetap menjaga jarak, rutin melakukan pemeriksaan suhu bagi operator yang bertugas, mengenakan sarung tangan karet saat bertransaksi dengan uang tunai, menghindari menyentuh wajah, SPBU nenyediakan hand sanitizer dan rutin membersihkan sarana dan fasilitas SPBU dengan cairan disinfektan.

"Untuk menambah kenyamanan konsumen, upaya-upaya ini juga diberlakukan di seluruh jaringan bisnis Pertamina termasuk agen dan pangkalan,” kata dia.