Sebanyak 42 desa di OKU Timur rawan bencana banjir

id Desa rawan banjir, 42 desa, OKU Timur, antisipasi korban jiwa, siapkan peralatan penanggulangan bencana alam

Sebanyak 42 desa di OKU Timur  rawan bencana banjir

BPBD Kabupaten OKU mengevakuasi korban banjir di Kecamatan Lubuk Batang. (ANTARA/Edo Purmana/20)

Martapura (ANTARA) - Sebanyak 42 desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, rawan terjadi bencana banjir saat musim penghujan.

Staf Ahli Bupati OKU Timur, Amin Zen di Martapura, Jumat, mengatakan saat musim pancaroba seperti sekarang ini terdapat sekitar 42 desa di wilayah setempat yang rawan terjadi bencana banjir.

Wilayah yang rawan terjadi bencana alam tersebut antara lain Desa Tanjung Aman dan Dusun Kampung Sawah, Kelurahan Paku Sengkunyit, Kecamatan Martapura.

Kemudian, desa di Kecamatan BP Peliung meliputi Desa Negeri Agung, Bantan, Bantan Pelita dan Desa Negeri Pakuan.

Untuk Kecamatan Madang Suku, kata dia, meliputi Desa Rasuan, Agung Jati, Mendayun dan Desa Gunung Terang.

"Masih ada puluhan desa lagi yang rawan banjir terletak di beberapa kecamatan antara lain Kecamatan Buay Madang, Madang Suku II dan Cempaka.

Oleh karena, guna mengantisipasi adanya korban jiwa, pihaknya meminta seluruh instansi terkait agar siap siaga menghadapi bencana alam.

Selain itu, pihaknya juga saat ini menyiapkan sejumlah perlengkapan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di wilayah setempat.

Adapun peralatan yang sudah disiapkan pemerintah daerah setempat tersebut antara lain dua perahu karet, tabung pemadam air ringan, pelampung dan peralatan penanggulangan bencana lainnya.

"Untuk pos terpadu berada di Kantor BPBD OKU Timur," ujarnya.*