Masyarakat Desa Sundan OKU budidayakan tanaman Porang

id Budidaya tanaman Porang, jenis umbi-umbian, belum banyak dikenal masyarakat, miliki nilai ekonomi, tingkatkan perekonomi

Masyarakat Desa Sundan OKU budidayakan  tanaman Porang

Wakil Bupati, OKU Johan Anuar menghadiri penanam perdana tanaman Porang di Desa Sundan, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/20)

Baturaja (ANTARA) - Masyarakat Desa Sundan, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membudidayakan tanaman umbi-umbian jenis Porang guna  meningkatkan taraf perekonomian penduduk di wilayah itu.

"Budidaya Porang ini selain dapat memproduktifkan lahan sekaligus meningkatkan taraf ekonomi masyarakat," kata Kepala Desa Sundan, Ogan Komering Ulu (OKU), Ronzili di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan, Porang adalah salah satu tanaman umbi-umbian yang tumbuh di hutan dan dapat dikonsumsi oleh manusia.

"Tanaman ini masih belum banyak dikenali oleh masyarakat luas sehingga kami membudidayakannya secara bersama-sama," jelasnya.

Menurut dia, pembudidayaan tanaman ini karena dinilai sangat bernilai dan banyak manfaat yang didapat dari pohon ini.

"Porang dapat menjadi bahan pangan, dapat digunakan untuk kecantikan dan obat. Bila telah diolah beras dari bahan baku porang satu kilogramnya setara dengan satu karung beras," jelas dia.

Dia menambahkan, Porang memiliki nilai ekonomi tinggi sehingga masyarakat di wilayah setempat bersemangat untuk membudidayakannya guna meningkatkan perekonomian.

"Dengan membudidayakan Porang ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di desa kami ini," harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati OKU, Johan Anuar menambahkan sangat mengapresiasi atas pembudidayaan dan pembibitan tanaman Porang yang telah dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Untuk meningkatkan tahap membudidayakan Porang, Johan mengimbau kepada penyuluh pertanian Kabupaten OKU agar bisa melakukan bimbingan dan pembinaan masyarakat dalam pengembangannya.

"Dengan adanya budidaya ini diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat Desa Sundan bisa meningkat," ujar dia.