Timnas U-16 kehilangan Ruy dan coret Krisna

id timnas u16,pssi,bima sakti,piala asia u16,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara sumsel hari ini, palembang hari ini

Timnas U-16 kehilangan Ruy dan coret  Krisna

Pesepak bola Timnas Indonesia U-16 Ruy Arianto (tengah) meluapkan ekspresi saat digendong ofisial usai melawan Timnas Cina U-16 pada laga kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (22/9/2019). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 0-0. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional U-16 harus kehilangan gelandang Ruy Arianto karena cedera dan resmi mencoret nama Krisna Budi Sulistia pada pemusatan latihan (TC) di Bekasi.

"Ruy Arianto mengalami cedera 'anterior cruciate ligament' (ACL) dan kami memulangkan Krisna Budi Sulistia," ujar pelatih timnas U-16 Bima Sakti, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Senin.

Dengan demikian, saat ini tinggal 24 pemain yang aktif mengikuti latihan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Ruy Arianto merupakan salah satu pilar timnas U-16 di Piala AFF U-15 2019 dan Kualifikasi Piala Asia U-16 2020.

Baca juga: Ruy Arianto terharu Indonesia ke semifinal Piala AFF U-15

Gelandang asal klub Persebaya itu mengalami cedera dalam latihan pada pekan lalu dan sudah menjalani operasi di salah satu rumah sakit di Jakarta. Saat ini, Ruy terus mendapatkan terapi dari tim dokter timnas dan masih berada bersama tim.

PSSI tidak menyebutkan berapa lama Ruy harus absen. Akan tetapi, berdasarkan pengalaman beberapa pemain, cedera ligamen lutut membutuhkan waktu paling sedikit tiga bulan untuk sembuh.

Terkait Krisna, PSSI juga tidak menjelaskan alasan pencoretan namanya. Krisna, yang baru berusia 14 tahun, berstatus pemain baru sekaligus termuda di skuat timnas U-16. Dia dipanggil oleh Bima Sakti setelah menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Soeratin U-15 2019.

Baca juga: Jaga mental pemain, Pelatih timnas U-16 berlakukan pembatasan penggunaan gawai

Timnas U-16 tengah menjalani TC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, yang berlangsung pada 6-29 Juli 2020.

Skuat belia Garuda tersebut tengah disiapkan untuk berlaga di Piala Asia U-16 2020 pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain.

Di kejuaraan itu, timnas U-16 Indonesia bergabung di Grup D bersama Arab Saudi, China dan juara bertahan, Jepang.

Indonesia akan menghadapi Arab Saudi di laga perdana Grup D pada Jumat (27/11), kemudian melawan China pada Senin (30/11) dan Jepang pada Kamis (3/12).