Kapolda Sumsel dorong jajarannya manfaatkan lahan kosong budidaya ikan

id polda, kapolda susmel dorong budidaya ikan, budidaya ikan bandeng, polda sumsel doorng budidaya ikan tingkatkan ketahan ,berita sumsel, berita palemba

Kapolda Sumsel dorong jajarannya  manfaatkan lahan kosong budidaya ikan

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri S melakukan penebaran benih ikan di kolam budidaya komplek perumahan dinas Pakri, Palembang. (ANTARA/Yudi Abdullah/20)

Palembang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan Irjen Pol Eko Indra Heri S mendorong jajarannya memanfaatkan lahan kosong untuk budidaya ikan bersama masyarakat sekitar guna meningkatkan ketahanan pangan dan mengurangi ketergantungan ikan dari daerah lain.

Keberhasilan personel Ditpolairud melakukan budidaya ikan bandeng di Desa Margamulya Sungsang, Kabupaten Banyuasin, akan diupayakan dikembangkan di jajaran lainnya yang ada di 17 kabpaten/kota dalam Provinsi Sumsel, kata Kapolda Irjen Pol Eko di Palembang, Selasa.

Untuk mengembangkan budidaya ikan itu, personel bisa memanfaatkan lahan kosong yang ada di perkarangan rumah, komplek perumahan dinas, lahan tidur di sekitar mako, dan kerja sama dengan masyarakat.

Sebagai contoh, lahan kosong di kompleks perumahan dinas Pakri Palembang sekarang ini tengah dikembangkan beberapa kolam budidaya ikan.

Khusus untuk mendukung kegiatan budidaya ikan di Kota Palembang, pihaknya telah membuat dua kolam dan segera dibuat beberapa kolam lagi yang akan diisi berbagai jenis ikan lokal.

"Lahan di komplek perumahan Pakri masih cukup luas, ada 10 kolam yang bisa dibangun di dalam komplek tersebut," ujarnya.

Sementara Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan, pihaknya mendorong berbagai lembaga dan komunitas di kota setempat untuk melakukan budidaya ikan dan kegiatan penebaran benih ikan yang ada di sekitar kawasan permukiman warga dan Sungai Musi.

"Kegiatan budidaya dan penebaran benih ikan yang dilakukan pihak Polda Sumsel sangat positif dan perlu didorong lebih gencar lagi untuk meningkatkan produksi ikan di kota ini serta mengurangi ketergantungan pemenuhan konsumsi ikan warga yang sebagian masih dipasok dari kabupaten sekitar," ujar Fitrianti.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar