Ini aplikasi untuk temani ibadah saat bulan Ramadhan

id aplikasi ramadhan,aplikasi puasa,ramadhan aplikasi,puasa aplikasi,kesan,cakap,umma,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, a

Ini aplikasi untuk temani ibadah saat bulan Ramadhan

Pengguna sedang membaca doa melalui aplikasi KESAN. (ANTARA/HO KESAN)

Jakarta (ANTARA) - Bulan Ramadhan sudah tiba, para pemeluk agama Islam biasanya menggunakan bulan ini untuk memperbanyak ibadah.

Gawai yang digunakan sehari-hari, terutama ponsel pintar, bisa membantu pengguna beribadah selama bulan Ramadhan.

Berikut ini kumpulan aplikasi yang bisa menunjang ibadah, tyang bisa mendukung kelancaran beribadah selama periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

1. KESAN

Aplikasi KESAN, kependekan dari Kedaulatan Santri, menawarkan bantuan untuk melaksanakan ibadah baik yang wajib maupun sunnah.

KESAN memiliki fitur antara lain jadwal salat, Al-Qur'an, zikir dan shalawat, arah kiblat, kalender Hijriah dan Kitab Kuning.

2. umma

Aplikasi media sosial untuk umat Islam ini menghadirkan beberapa fitur khusus untuk membantu beribadah selama bulan Ramadhan, terutama di masa pandemi virus corona.
Aplikasi media sosial umat Islam, umma. (ANTARA/HO umma)


Umma memiliki Jurnal Ibadah Harian untuk menandai ibadah yang sudah dilakukan per hari, misalnya, membaca Al-Qur'an selama 30 menit dalam lima hari berturut-turut.

Umma sedang mengadakan program One Day One Juz melalui fitur Klinik Tahsin Baca Qur'an di dalam aplikasi. Caranya, kirim video rekaman saat sedang membaca AL-Qur'an, ustaz di Umma akan memberikan evaluasi.

3. Cakap

 

Aplikasi pendidikan Cakap mengadakan fitur mengaji dan belajar agama dengan ustaz dan ulama lewat fitur Awadah Dakwah. Pendakwah yang berpartisipasi dalam program ini antara lain Habib Ali Bahar, DR. KH Lukman Hakim, KH Fathir Hambali dan Gus Yusron.

Pengguna bisa bertanya langsung kepada pendakwah lewat fitur chat sampai memberikan infak jika ingin berdonasi lewat aplikasi tersebut.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar