Menkominfo : Akan ada unicorn dan decacorn baru tahun ini

id johnny g plate,menkominfo,kominfo,unicorn,decacorn,gojek,ovo,tokopedia,bukalapak,traveloka

Menkominfo : Akan ada unicorn dan decacorn baru tahun ini

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate bersama COO IDN Media William Utomo usai menjadi pembicara di Indonesia Millenial Summit di Jakarta, Sabtu (18/1/2020). (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengisyaratkan akan ada perusahaan rintisan yang menjadi unicorn tahun ini.

"Ada beberapa, tapi, jangan saya sebutkan," kata Johnny, ditemui usai acara Indonesia Millenial Summit 2020 di Jakarta, Sabtu.

Tak hanya unicorn baru, menurut Johnny akan ada unicorn yang naik kelas jadi decacorn tahun ini.



"Ada yang potensial naik jadi unicorn, ada juga unicorn yang naik jadi decacorn," kata Johnny.

Menteri Johnny belum mau memberikan informasi sektor mana yang akan menghasilkan unicorn tahun ini, namun menyebutkan unicorn baru itu berasal dari multiplatform.

Indonesia saat ini memiliki empat perusahaan rintisan yang menembus tingkatan unicorn, yaitu memiliki valuasi di atas 1 miliar dolar Amerika Serikat, mereka adalah Bukalapak, Tokopedia, Traveloka dan yang terbaru platform pembayaran digital OVO.



Gojek sudah berhasil menembus strata decacorn, satu tingkat di atas unicorn dengan valuasi minimal 10 miliar dolar AS.

Sejak tahun lalu, diperkirakan unicorn baru akan datang dari sektor pendidikan atau kesehatan karena cukup banyak APBN yang digelontorkan terutama untuk sektor pendidikan.