Menag imbau tokoh agama berperan jadi pemimpin digital

id UNP Silaknas ICMI 2019

Menag imbau tokoh agama  berperan jadi pemimpin digital

Menag Fachrul Razi menerima plakat dari Ketua pelaksana Silaknas ICMI 2019 Prof. Ganefri yang juga rektor Universitas Negeri Padang (UNP) (ANTARA/Agung Pambudi)

Padang (ANTARA) - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengimbau tokoh agama yang tergabung dalam Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) berperan menjadi pemimpin digital (Digital Leadership).

Hal tersebut dikatakan Fachrul Razi saat menjadi pembicara pada kegiatan Silaturahim Kerja Nasional (Silaknas) dan Milad Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) 2019 di Auditorium Universitas Negeri Padang, di Padang, Sabtu.
 

"Tokoh agama mesti mampu dan cakap menjadikan teknologi informasi untuk mengembangkan pendidikan dan dakwah Islam," katanya.

Ia menjelaskan, dengan kemampuan kepemimpinan digital akan memperkuat otoritas keagamaan di tangan lCMl, yang sementara ini bisa diambil alih oleh mereka yang mampu beradaptasi dengan teknologi informasi, walaupun kurang otoritatif dalam hal keagamaan.

Terkait dengan dakwah Islam, Menag juga meminta lCMl harus menjadi katalisator dan berdiri di garda terdepan agar dakwah Islam mengedepankan misi agama yang rahmatan lil alamin.
 

"Model dan pendekatan dakwah, yang rigid dan keras kiranya tidak relevan dengan situasi dan kondisi bangsa apalagi generasi milenial Indonesia," katanya.

Pada kesempatan itu, Menag juga menyampaikan pada forum tersebut tentang gagasan-gagasan penting the founding father bangsa, yaitu membangun Indonesia yang bisa, menyelaraskan antara Islam di satu sisi dan negara di sisi yang lain dalam wadah Negara Kesatuan Republik indonesia dengan baik.

Hal lain yang kiranya bisa dirumuskan adalah menjaga harmoni intern umat beragama, antaragama dan agama dengan pemerintah secara baik.
 

"Trilogi kerukunan ini, harus direvitalisasi kembali agar suasana keagamaan dan kebangsaan kita menjadi kondusif. Bangsa ini bangsa besar yang mempunyai umat Islam terbesar, karenanya kita berpotensi menjadi pemimpin keagamaan global," katanya.

Silknas ICMI 2019 yang dibuka oleh Wapres Ma’ruf Amin pada Jumat(6/12) akan berlangsung sampai Minggu(8/12) dengan agenda terakhir pengesahan hasil- hasil sidang komisi dan pengarahan dari ketua dewan Pakar ICMI Zulkifli Hasan.