Dinas PPKB Palembang gandeng guru cegah pernikahan dini

id Kb, pernikahan dini cegah pernikahan dini, keluarga berencana

Dinas PPKB Palembang gandeng guru cegah pernikahan dini

Logo KB. ANTARA/HO

Palembang (ANTARA) - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Palembang, Sumatera Selatan berupaya menggandeng guru terutama di tingkat SMA sederajat untuk mencegah terjadinya pernikahan anak usia dini.

Pernikahan dini perlu dicegah untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dan permasalahan lainnya, kata Kepala Dinas PPKB, Edwin Effendi di Palembang, Kamis.

Untuk mencegah terjadinya pernikahan dini, diharapkan guru bisa mengedukasi siswanya mengenai dampak negatif pernikahan di usia muda bagi kesehatan ibu dan anak dan permasalahan sosial akibat pertumbuhan penduduk yang cepat hasil pernikahan usia muda.

Dengan adanya penjelasan dari guru mengenai dampak negatif pernikahan dini, siswa dapat memahami dan menjauhkan diri dari pemikiran atau tindakan yang bisa mengarah untuk cepat menikah, katanya.

Selain kegiatan tersebut, untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, pihaknya juga gencar melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesadaran warga kota setempat untuk mengikuti program keluarga berencana.

Untuk meningkatkan kesadaran ber-KB warga Bumi Sriwijaya ini, akan terus digalakkan kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya program keluarga berencana.

Kesadaran warga Palembang untuk mengikuti program KB cukup tinggi, kondisi yang baik itu perlu terus ditingkatkan sehingga dapat dicegah terjadi laju pertumbuhan penduduk secara besar-besaran.

Untuk meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya program KB, pihaknya berupaya menggalakkan sosialisasi dan melakukan pelayanan KB gratis di sekitar kawasan permukiman penduduk terutama yang tergolong berpenduduk padat, ujarnya.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar