Desa Bandar Jaya pasang 13 titik penerangan jalan umum

id penerangan jalan,jalan desa,jpu,lampu penerangan jalan umum,dinas pu,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini

Desa Bandar Jaya pasang 13 titik penerangan jalan umum

Dokumentasi- Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS). (ANTARA/Afut Nusyirwan)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah desa Bandar Jaya, kecamatan Lengkiti, kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan segera memasang 13 titik lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) agar akses perlintasan masyarakat di wilayah itu tidak gelap saat malam hari.

"Pemasangan tiang PJU di desa kami akan dilakukan dalam waktu dekat ini," kata Kepala desa Bandar Jaya, Waladiah di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan, pihaknya akan melengkapi fasilitas penerang jalan dengan memasang 13 titik PJU di desa setempat mengingat selama ini akses perlintasan masyarakat desa Bandar Jaya gelap gulita saat malam hari.

"Jalan di desa ini masih gelap gulita sehingga masyarakat mengusulkan agar dipasang lampu PJU,"ujar Waladiah.

Menurut dia, pemasangan PJU di desa itu sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan kendaraan di jalan raya akibat kondisi jalan gelap gulita dan berlubang.

Selain itu kawasan yang gelap gulita atau kurang penerangan lampu jalan juga rawan terjadi aksi kejahatan sehingga perlu dipasang lampu PJU.

Dia mengemukakan, biaya untuk pemasangan PJU ini menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2019 yang dikucurkan oleh pemerintah pusat guna membangun desa.

"Untuk sumber daya PJU ini masih akan kami bahas apakah nantinya menggunakan listrik atau tenaga surya," tegasnya.

Selain PJU, lanjut dia, pada 2019, pihaknya juga akan melengkapi sarana dan prasarana tempat ibadah serta olahraga menggunakan ADD Bandar Jaya tahun anggaran 2019.

"Termasuk juga pada 2019,  kami akan membangun infrastruktur, mulai dari jalan setapak hingga jembatan gantung menuju kebun warga agar petani lebih mudah mengangkut hasil pertanian untuk dijual," kata Waladiah.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar