Minimalisir banjir, Pemkot Palembang pasang box culvert

id Box culvert,Parit,Got,Pemkot palembang,Banjir

Minimalisir banjir, Pemkot Palembang pasang box culvert

Walikota memantau titik banjir terparah di Jalan Kolonel H burlian km 7, Selasa (13/11) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah kota Palembang memasang box culvert di dua titik yakni jalan Kolonel H Burlian tepatnya km 7 dan km 9 sebagai upaya mengurangi genangan air. 

"Akibat hujan beberapa waktu lalu, di dua titik termasuk parah genangan airnya. Salah satu penyebabnya box culvert yang tidak berfungsi dengan maksimal," ujar Wali Kota Palembang, Senin. 

Selama pemasangan box culvert ini,  dia berharap masyarakat untuk sabar dan mengerti karena pengerjaan menganggu aktivitas masyarakat seperti macet lantaran eksavator berada di pinggir jalan. 

"Kami mohon maaf kepada masyarakat dalam beberapa hari kedepan akan sedikit mengalami kemacetan di jalur tersebut karena sedang ada pengerjaan Box Culvert, pengerjaan satu titik lebih kurang memakan waktu selama 10 hari," jelasnya. 

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Kota Palembang, Ahmad Bastari menjelaskan, fungsi box culvert secara umum dan biasa digunakan pada kepentingan pembuatan gorong-gorong.

Pemasangan box culvert ini berdiamensi 2x1 meter (double box) crossing sepanjang 20 meter.

"Untuk pemasangannya box culvert telah dicetak dengan sambungan socket dan spigot yang membentuk pipa. Kedua sambungan ini memiliki sifat yang kedap air sehingga bila box culvert digunakan untuk saluran air tidak akan bocor," katanya. 

Dia menambahkan, untuk di ruas jalan km 7 masih ada penghalang utilitas dari penggalian yang dilakukan, rata-rata kedalaman penanaman tidak sampai 1,5 meter sehingga agak menyulitkan pemasangan box culvert.