Narapidana Lapas Cipinang turut pecahkan rekor dunia

id Lapas Narkotika Cipinang,tari poco-poco,berita sumsel,berita palembang,senam poco-poco,rekor MURI,Dirjen PAS,Ade Kusmanto

Narapidana Lapas Cipinang turut pecahkan rekor dunia

Ribuan warga melakukan senam poco-poco saat pemecahan rekor dunia senam massal poco-poco di Monas, Jakarta, Minggu (5/8). (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay/ama/18)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Ribuan narapidana Lapas Khusus Narkotika Kelas IIA Jakarta (Lapas Narkotika Cipinang) turut serta dalam pemecahan rekor senam poco-poco "The Largest Guinness World Record Poco-Poco Dance" untuk menyambut Asian Games 2018.

Para narapidana tersebut tampak antusias mengikuti gerakan senam poco-poco yang dicontohkan oleh para instruktur.

Tidak hanya warga binaan Lapas Narkotika Cipinang yang melakukan senam di Jakarta, Minggu, seluruh unit pelaksana teknik (UPT) pemasyarakatan di Indonesia secara serentak juga melakukan senam poco-poco.

Selain menjadi bagian dari pemecahan rekor dunia, keikutsertaan narapidana melakukan senam poco-poco juga untuk memecahkan rekor MURI sebagai peserta senam poco-poco narapidana terbanyak.

"Kami lakukan serentak di seluruh lapas di Indonesia, kurang lebih ada 100 ribu peserta dari seluruh lapas," kata Kabag Humas Dirjen PAS Ade Kusmanto.

Sebelum pelaksanaan pun seluruh UPT pemasyarakatan telah melaksanakan persiapan dan latihan selama beberapa minggu untuk pematangan gerakan senam poco-poco serta menjaga kekompakan seluruh peserta.

Senam poco-poco tersebut pun menjadi bagian dari pembinaan kepribadian narapidana di bidang kesehatan jasmani.

Kegiatan tersebut juga diharapkan dapat menjadi sarana menanamkan nilai nasionalisme untuk seluruh narapidana sehingga rasa cinta tanah air mereka semakin tinggi.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga tersebut melibatkan seluruh lapisan masyarakat baik dari jajaran pemerintahan mau pun masyarakat.