Seniman Indonesia terima penghargaan Padma di India

id Nyoman Nuarta,seniman indonesia,penghargaan untuk seniman,Padma Award,perayaan Republic Day,berita sumsel,berita palembang

Seniman Indonesia terima penghargaan Padma di India

Arsip Foto - Seniman patung Nyoman Nuarta. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Tokoh seni rupa Indonesia, Nyoman Nuarta, menerima penghargaan Padma Award 2018 di India dari Presiden Shri Ram Nath Kovind, seperti disampaikan dalam keterangan pers KBRI New Delhi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Nyoman Nuarta mendapatkan penghargaan kategori Padma Shri atas karya-karyanya yang bernilai seni tinggi, fenomenal, dan diakui oleh para pakar dan pelaku seni mancanegara.

Upacara penyerahan penghargaan di Istana Kepresidenan India, Rashtrapati Bhavan di New Delhi. Perdana Menteri India Narendra Modi dan Wakil Presiden India M. Venkaiah Naidu turut hadir dalam acara tersebut.

Nyoman Nuarta adalah salah satu pelopor Gerakan Seni Rupa Baru (New Art) yang dikenal lewat mahakaryanya, seperti Patung Garuda Wisnu Kencana di Bandung dan Bali, Monumen Jalesveva Jayamahe di Surabaya, dan Monumen Proklamasi Indonesia di Jakarta.

Seniman Indonesia tersebut menerima penghargaan di Istana Kepresidenan India dengan didampingi oleh istri dan putrinya.

Pasca upacara penyerahan penghargaan, Nuarta berkesempatan bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi dan menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan dan sambutan yang sangat baik dari Pemerintah India.

PM Narendra Modi juga menyampaikan ucapan selamat kepada Nyoman Nuarta atas penghargaan Padma Award yang telah diterimanya dan sekaligus mengapresiasi hubungan kedua negara yang terjalin dengan baik.

Padma Award merupakan salah satu penghargaan sipil tertinggi India yang diumumkan setiap tahun pada perayaan Republic Day.

Penghargaan ini dimaksudkan untuk mengakui pencapaian individu di semua bidang kegiatan dan disiplin ilmu/pengetahuan yang melibatkan layanan publik.
(T.Y012/B. Suyanto)