Imigrasi Palembang amankan sembilan imigran gelap Afghanistan

id imigrasi, imigrasi palembang, rudenim, imigran gelap, amankan imigran gelap, imigran gelap asal afghanistan

Imigrasi Palembang amankan sembilan imigran gelap Afghanistan

Kepala Kantor Imigrasi Palembang Bogi Widiantoro. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Kesembilan imigran gelap Afghanistan yang semuanya laki-laki itu diamankan di ruang detensi imigrasi (Rudenim) sejak Sabtu (8/11) pukul 03.00 WIB hingga kini untuk diminta keterangannya...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, Sumatera Selatan, mengamankan sembilan warga negara asing dari Afghanistan berusia 16-40 tahun karena tidak memiliki dokumen keimigrasian yang sah atau biasa dikenal dengan imigran gelap.

"Kesembilan imigran gelap Afghanistan yang semuanya laki-laki itu diamankan di ruang detensi imigrasi (Rudenim) sejak Sabtu (8/11) pukul 03.00 WIB hingga kini untuk diminta keterangannya dan diproses lebih lanjut ke perwakilan PBB di Jakarta," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, Bogi Widiantoro, Senin.

Dia menjelaskan berdasarkan informasi dan data yang dihimpun petugas Imigrasi dari para imigran gelap yang diamankan tersebut, mereka masuk ke wilayah Indonesia dan sampai ke provinsi ini dengan melakukan perjalanan yang cukup panjang.

Mereka memberikan keterangan kepada petugas mengawali perjalanan pencarian suaka politik dengan tujuan Australia dari Kabul ke India kemudian melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Setelah menginap beberapa hari di Malaysia kesembilan imigran gelap itu melanjutkan perjalanan melalui jalur laut memasuki wilayah Indonesia dengan menggunakan perahu cepat (speedboat) ke Pekan Baru, Riau, kemudian melanjutkan perjalanan melalui jalur darat dengan tujuan Kota Jakarta ke perwakilan PBB.

Dalam perjalanan darat menggunakan mobil travel dari Pekan Baru ketika berada di Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan mereka diturunkan sopir travel dan dibawa masyarakat setempat ke Polsek Lempuing hingga akhirnya diamankan di Imigrasi Palembang, katanya.

Menurut dia para imigran gelap itu saat ini semuanya dalam kondisi sehat dan dalam pengawasan ketat petugas Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigarsian (Wasdakim) sambil menunggu petunjuk dari pejabat pusat Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk melakukan langkah selanjutnya.

"Kami sekarang ini sedang menunggu petunjuk dari kantor pusat, jika diminta untuk membawa kesembilan imigran gelap asa Afghansitan itu ke perwakilan PBB di Jakarta akan difasilitasi pemberangkatannya dengan menggunakan pesawat udara dari Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang," ujar Bogi.