Menpera puji kebijakan pembangunan perumahan Pemkot Palembang

id menpera, menpera puji kebijakan pemkot palembang, perumahan pemkot palembang

Menpera puji kebijakan pembangunan perumahan Pemkot Palembang

Menpera Djan Fariz (FOTO ANTARA)

....Program pembangunan perumahan di Kota Palembang saat ini sangat tertata dengan baik serta mendapat dukungan penuh dari kepala daerah serta para pengembang lokal....
Jakarta  (ANTARA Sumsel) - Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz memuji kebijakan pembangunan perumahan yang dilakukan Pemerintah Kota Palembang yang merencanakan pembangunan sekitar 2.500 rumah cetak untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Program pembangunan perumahan di Kota Palembang saat ini sangat tertata dengan baik serta mendapat dukungan penuh dari kepala daerah serta para pengembang lokal," kata Djan Faridz di Jakarta, Kamis.

Untuk itu, ujar Djan, Kemenpera akan terus berupaya memberikan dukungan kepada pemerintah daerah yang dinilai memiliki perhatian khusus kepada program perumahan untuk MBR.

Menurut dia, program perumahan yang cukup baik dan pro rakyat dari Pemkot Palembang juga dapat dilihat dari semakin pesatnya pembangunan perumahan di daerah tersebut.

"Adanya lembaga penjaminan serta program kredit rumah yang digagas Pemkot Palembang sangat mempermudah masyarakat di sektor informal untuk memiliki rumah," katanya.

Menpera mengemukakan, Kemenpera juga telah bekerja sama bersama Pemkot Palembang guna membangun sekitar 2.500 rumah cetak untuk MBR yang berpenghasilan tidak tetap yang bekerja di sektor informal.

Dengan model rumah cetak yang akan dibangun Kemenpera, lanjutnya, diharapkan sebagian besar pekerja di sektor informal seperti para buruh, pedagang pasar, tukang bangunan, dan tukang becak bisa memiliki rumah yang lebih layak huni.

Ia juga menuturkan, rumah cetak yang akan dibangun oleh Kemenpera sebenarnya telah dibangun di Palembang sejak lama, bahkan rumah cetak tersebut ditemukan saat dirinya melakukan kunjungan kerja ke daerah tersebut saat awal menjabat sebagai Menpera.

"Rumah cetak ini kokoh karena terbuat dari campuran semen dan pasir yang dicetak. Pondasinya tumpak dan tahan gempa. Selain itu pengerjaannya juga mudah dan cepat," kata Djan Faridz.

Selain itu, Kemenpera juga akan membantu masyarakat yang ingin memiliki rumah dengan harga yang terjangkau melalui bantuan KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). (M040)