Menpera resmikan 303 rumah untuk warga miskin

id menpera, resmikan rumah

Menpera resmikan 303 rumah untuk warga miskin

Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz (kanan) mendengarkan penjelasan Bupati OKU Timur, Herman Deru (kiri) terkait program bedah rumah dengan dana stimulasi dari BAZ dan partisipasi masyarakat di Kelurahan Trukis Rahayu Kecamatan Martapura,OKU Timur,

Martapura, Sumsel, (ANTARA News) - Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz meresmikan 303 rumah untuk warga miskin yang dibangun menggunakan dana badan amil zakat senilai Rp10,7 miliar di Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, Selasa.

Pembangunan rumah untuk warga miskin melalui program bedah rumah tersebut merupakan yang pertama dilaksanakan di Indonesia dengan memanfaatkan dana Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

Bedah rumah ini dipusatkan di Desa Trukis, Kelurahan Rahayu, Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur.

Selain meresmikan program bedah rumah, Menpera juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah untuk PNS berpenghasilan rendah sebanyak 1.000 unit di Kotabaru Selatan, Kecamatan Martapura, di belakang kompleks perkantoran setempat.

Menpera Djan Faridz mengatakan, pihaknya selain memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten OKU Timur, juga akan menularkan program positif tersebut ke seluruh daerah di Indonesia, sehingga akan semakin banyak masyarakat miskin terbantu melalui program kreatif tersebut.

Menurut Menpera, program ini akan menjadi percontohan bagi daerah lain di Indonesia dengan memanfaatkan dana BAZ. Program bedah rumah ini, memang tidak menggunakan dana APBD.

Ketua BAZ Nasional Didin Hafidhuddin mengatakan program ini merupakan wujud pendayagunaan zakat dengan manajemen yang baik dan dukungan masyarakat setempat.

Didin juga menyampaikan apresiasinya atas partisipasi masyarakat Kabupaten OKU Timur terhadap program tersebut yang melebihi 100 persen.

"Sesuatu yang belum pernah terjadi di masyarakat, dan ini perlu dijadikan model di Indonesia," kata dia.

Bupati OKU Timur Herman Deru menjelaskan, pembangunan 303 rumah ini berasal dari dana stimulan BAZ setempat sebesar Rp1,48 miliar dan dana partisipasi masyarakat Rp9,28 miliar, dengan total keseluruhan Rp10,7 miliar.

Menurut Herman Deru, potensi BAZ di Kabupaten OKU Timur dalam satu tahun sebesar Rp2 miliar. Pada 2012 dana BAZ OKU Timur sudah terkumpul Rp900 juta.

Menpera juga berharap dengan program bedah rumah ini, OKU Timur akan menjadi kabupaten yang bebas kumuh dalam dua tahun ke depan.(ANT/nl*B014)