Dua hercules disiagakan untuk operasikan TMC

id pesawat, pesawat antisipasi kabut asap

Dua hercules disiagakan untuk operasikan TMC

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin didampingi Danlanud Palembang Ramot Christian meninjau dua pesawat hercules yang akan digunakan alat bantu Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dua unit pesawat hercules dari TNI AU disiagakan untuk mengoperasikan Teknologi Modifikasi Cuaca  yang akan menyemai garam dari udara.

Kedua pesawat tersebut C 130 Hercules dari Skadron  Udara 31 Halim dan Casa C-212 dari Skuadran  udara 4 Malang yang sudah dilengkapi konsul untuk menyemai garam.

Navigator pesawat C- 130 Mayor Nav Janur menerangkan kedua pesawat tersebut masing-masing memiliki kapasitas yang berbeda.

C-130 memiliki kapasitas mengangkut 2 ton hingga 4 ton garam untuk menyemai awan. Sementara Casa C -212 hanya mampu mengangkut maksimum 1 ton garam.

"Pesawat ini akan diupayakan untuk menyemai garam dari Pekanbaru hingga Lampung," jelas dia.

Tidak hanya untuk menyemai awan untuk turun hujan, pesawat ini pun diupayakan untuk menghambat hujan berkaitan dengan pesta oleh raga Islamic Solidarity Games (ISG) yang akan berlangsung di Palembang, Sumatera Selatan, 22 September-1 Oktober 2013.

" Hujan bisa kita hambat dengan mempercepat hujan di daerah lain, sehingga awan tidak bergerak di lokasi ISG," papar dia.