Gubernur minta provinsi tetangga jangan kirim asap

id isg, isg di palembang

 Gubernur minta provinsi tetangga jangan kirim asap

Islamic Solidarity Games (ISG) (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin minta kepada provinsi tetangga untuk tidak mengirimkan asap ke daerah ini terutama menjelang pelaksanaan Islamic Solidarity Games di Palembang, 22 September - 1 Oktober 2013.

Bila ada kabut asap dikhawatirkan kedatangan tamu negara Islam nanti menjadi terhambat, kata gubernur saat pertemuan dalam rapat koordinsi siaga darurat bencana asap wilayah Sumatera di Palembang, Kamis.

Apalagi tamu negara Islam nanti merupakan undangan kehormatan sehingga kabut asap akibat kebakaran hutan harus dihindari.

Selain itu saat pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) diperkirakan musim kemarau sehingga rawan akan kebakaran hutan dan lahan.

Sehubungan itu mari bersama-sama menjaga lingkungan termasuk hutan agar tidak terbakar saat pelaksanaan pesta olahraga bagi kalangan negara Islam itu.

Berdasarkan pengalaman sewaktu SEA Games 2011 banyak hambatan yang dihadapi seperti musim kemarau saat pelaksanaan pembangunan sejumlah fasilias olahraga.

Dia mengatakan, saat pelaksanaan pertandingan musim hujan tiba sehingga berbagai upaya dilakukan agar SEA Games sukses.

Alhamdulillah pesta olahraga Asia Tenggara lalu berjalan lancar dan diharapkan ISG nanti lebih sukses.

Namun, untuk mencapai sukses tersebut perlu dukungan bersama termasuk mengantisipasi timbulnya polusi asap.

Sebagaimana Sumsel akan menyelenggarakan ISG diikuti ribuan peserta dari 25 negara yang telah menyatakan siap dengan mempertandingkan 14 cabang olahraga di antaranya atletik, renang, voli, panahan, karate dan wushu.